Beranda ยป Hadir di Kantin Madrasah Kabupaten Purworejo, Kapal Maspur Sediakan Produk Halal bagi Siswa

Hadir di Kantin Madrasah Kabupaten Purworejo, Kapal Maspur Sediakan Produk Halal bagi Siswa

PURWOREJO, MTs Negeri 2 Purworejo menjadi tuan rumah sekaligus salah satu pilot project sebuah gerakan dengan peluncuran Aksi Perubahan Kantin Pro Halal Madrasah Purworejo, yang dikenal dengan nama Kapal Maspur. Launching ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo Aziz Muslim di lokasi Kantin MTs Negeri 2 pada Rabu (17/7).

Gagasan ini datang dari Aziz Muslim yang melihat pentingnya edukasi dan sosialisasi mengenai produk halal bagi siswa siswi madrasah serta civitas akademika madrasah. Aksi ini tidak hanya menyasar kantin-kantin di madrasah, tetapi juga para pelaku usaha di sekitar lingkungan madrasah. Dengan tagline Kapal Maspur Menyala Abangku, aksi perubahan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Bupati Purworejo Yuli Hastuti.

Peluncuran dimulai dengan penunjukan enam kantin madrasah sebagai pilot project yakni MTs Negeri 1, 2, dan 3. Selain itu, MTs Al Iman 2 Bulus, MTs An Nawawi Berjan, dan MTs Imam Puro Kutoarjo. Enam kantin tersbut telah dinilai oleh Juri Pengawas Madrasah, yang menobatkan Kantin MTs Al Iman 2 Bulus sebagai Juara 1, disusul oleh MTs Negeri 2 sebagai Juara 2, MTs Negeri 3 Juara 3. Berikutnya MTs Imam Puro, MTs An Nawawi Berjan, dan MTs Negeri 3 sebagai Juara Harapan 1, 2, dan 3.

Kepala Kantor Kementrian Agama Purworejo Abdul Aziz bersama para Siswa Duta Halal

Tidak hanya itu, acara ini juga menjadi momen penting bagi 20 pelaku usaha di lingkungan kantin madrasah yang menerima Sertifikat Halal. Hal ini merupakan hasil kerjasama antara Kantor Kementerian Agama dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Selain itu, dilaksanakan juga prosesi penyematan selempang Siswa Duta Halal bagi enam siswa madrasah pilot project Kapal Maspur

Hadir dalam acara ini Ketua BAZNAS Achmad Hamid AK, Kasubag Tata Usaha Kankemenag Purworejo Uan Abdul Hanan dan segenap Kasi serta penyelenggara. Para Kepala Madrasah baik MI, MTs, maupun MA dan Kepala Tata Usaha Madrasah di lingkungan Kankemenag Purworejo juga turut serta. (Ita)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *