Beranda ยป 2 Kali Rekrutmen Tak Penuhi Kriteria, Jabatan Direktur Perumda Aneka Usaha Purworejo Kembali Dibuka

2 Kali Rekrutmen Tak Penuhi Kriteria, Jabatan Direktur Perumda Aneka Usaha Purworejo Kembali Dibuka

PURWOREJO, Setelah dua kali melakukan rekrutmen namun tak jua memenuhi kriteria, Pemda Purworejo kembali membuka lowongan untuk posisi calon Direktur Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha (Perumda AU) masa Jabatan 2024-2029. Pemberitahuan seleksi terbuka tertuang dalam Pengumuman Nomor 004/Pandel.UA/IX/2024 tanggal 1 September 2024.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan SDA Purworejo Anggit Wahyu Nugroho menyampaikan hal tersebut pada Selasa (3/9). Kepada Purworejo News, Anggit menyebutkan, sebelumnya pemda telah membuka dua kali rekrutmen untuk posisi yang sama pasca direktur perusahaan plat merah tersebut terjerat perkara pidana.

“Rekrutmen yang pertama dilakukan tidak memenuhi kuota. Berikutnya jalan, tapi gagal karena tidak ada yang lolos passing grade,” jelas Anggit kepada Purworejo News. Ia menjelaskan, syarat pelamar selain WNI, sehat jasmani dan rohani, juga dituntut memiliki keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan.

Tak hanya itu, Anggit menambahkan syarat lainnya yakni memahami penyelenggaraan pemerintahan daerah dan manajemen perusahaan. Juga memiliki pengetahuan yang memadai di bidang usaha perusahaan. Adapun ijazah paling rendah adalah Strata 1 serta mempunyai pengalaman kerja minimal lima tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim.

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan SDA Purworejo Anggit Wahyu Nugroho

“Syarat tersebut dibuktikan dengan surat keterangan (referensi) dari perusahaan sebelumnya dengan penilaian baik. Usia pelamar paling rendah 35 tahun dan paling tinggi 55 tahun pada saat mendaftar,” imbuh Anggit.

Selain harus bertempat tinggal di Kabupaten Purworejo, syarat lain yakni tidak pernah menjadi anggota Direksi, Dewan Pengawas, atau Komisaris yang dinyatakan bersalah sehingga menyebabkan badan usaha yang dipimpin dinyatakan pailit.

Syarat penting lainnya, lanjut Anggit, adalah tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara atau daerah serta tidak sedang menjalani sanksi pidana. Untuk saat ini, yang bersangkutan juga tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala daerah, atau calon wakil kepala daerah, dan/atau calon anggota legislatif.

“Last but not least, syarat lainnya yaitu bersedia bekerja penuh waktu. Juga tidak terikat hubungan keluarga dengan bupati, wakil bupati, dewan pengawas atau direksi lainnya sampai derajat kedua menurut garis lurus atau kesamping termasuk menantu dan ipar,” tegas Anggit.

Adapun untuk surat lamaran secara tertulis dan ditandatangani sendiri oleh pelamar di atas materai Rpb10 ribu yang ditujukan kepada Bupati Purworejo u.p. Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Direktur Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha Purworejo Tahun 2024.

Kelengkapan pendaftaran, ucap Anggit, berupa
Kartu Tanda Penduduk, Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah (RSUD /Puskesmas), ijazah terakhir, surat keterangan pengalaman kerja dari Perusahaan, surat keterangan bertempat tinggal di Kabupaten Purworejo bagi yang ber -KTP di luar Kabupaten Purworejo.

Berikutnya, surat pernyataan tidak pernah menjabat sebagai Direktur atau Komisaris dalam suatu perusahaan yang dinyatakan pailit, surat keterangan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat lima tahun, diterbitkan oleh Pengadilan Negeri setempat.

Lampiran selanjutnya yakni Pakta Integritas, Surat pernyataan tidak sedang menjalani sanksi pidana, Surat pernyataan bersedia bekerja penuh waktu, Surat pernyataan tidak sedang menjadi pengurus partai politik, calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah, dan/atau calon anggota legislatif.

Juga lampiran surat pernyataan tidak terikat hubungan keluarga dengan bupati, wakil bupati, dewan pengawas atau direksi lainnya sampai derajat kedua menurut garis lurus atau kesamping termasuk menantu dan ipar. Lalu file pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 dan Daftar Riwayat Hidup bertanda tangan basah.

“Berkas pendaftaran Seleksi Pengisian Jabatan Direktur Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha Purworejo dikirim melalui e-mail: perekonomian.pwj@gmail.com paling lambat Selasa, 10 September 2024 pukul 23.59 WIB dengan subyek e-mail: Berkas Lamaran_DirPDAU 2024_Nama Pelamar,” jelas Anggit.

Pihaknya berharap seleksi kali ini bisa mendapatkan kandidat-kandidat yang memiliki kompetensi memadai untuk memimpin Perumda Aneka Usaha ke depan. “Karena tugasnya akan berat dalam merecovery perusahaan serta menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat,” pungkas Anggit.

Berikut jadwal tahapan seleksi.

(Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *