Beranda » Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Workshop Perpustakaan Sekolah, Fasilitasi Peserta Ikuti Diklat Online Kantaka dan Eldika

Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Workshop Perpustakaan Sekolah, Fasilitasi Peserta Ikuti Diklat Online Kantaka dan Eldika

PURWOREJO, Puluhan petugas perpustakaan dari sekolah Muhammadiyah dan Aisyiyah yang ada di Kabupaten Purworejo mengikuti workshop dan difasilitasi ikut diklat online. Workshop yang diadakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPwr) itu merupakan rangkaian kegiatan milad ke-60 kampus tersebut.

Workshop yang diselenggarakan Kamis (17/10) di Aula FKIP kampus, Jalan KH Ahmad Dahlan itu diikuti puluhan petugas perpustakaan sekolah Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kabupaten Purworejo, mulai tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Dua pustakawati Perpustakaan UMPwr yakni Ema Nur Iftitah Ratnaningrum dan Juwanti Utami dihadirkan untuk menyampaikan workshop yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi petugas perpustakaan di sekolah.

Selain menyampaikan materi, UMPwr juga memfasilitasi atau memandu peserta workshop untuk mengikuti diklat secara online yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional melalui Kanal Tenaga Perpustakaan (Kantaka) dan Learning Diklat Kepustakawanan (Eldika). “Ini agar peserta dapat meningkatkan kapasitasnya sebagai petugas perpustakaan yang sebagian besar masih dirangkap oleh karyawan atau guru, bukan petugas khusus,” ungkap Ema.

Para peserta workshop mendapatkan ilmu tentang koding dan pembukuan, termasuk cara merawat buku yang rusak. Juga tentang membuat format inventaris di buku induk dan membuat klasifikasi buku dan cara mendapatkan Nomor Pokok Perpustakaan (NPP).

Kepala UPT Perpustakaan UMPwr Nurmansyah Alami

Tak hanya itu, melalui workshop juga diharapkan bisa dilakukan kolaborasi atau kerjasama antar sekolah dengan UMPwr terkait perpustakaan. Dengan demikian, nantinya tiap sekolah dapat memiliki pustakawan yang mumpuni.

Seperti disampaikan oleh Kepala UPT Perpustakaan UMPwr Nurmansyah Alami kepada Purworejo News. Disebutkan bahwa pengelolaan perpustakaan tingkat SD sampai SMA penting dilakukan untuk meningkatkan literasi membaca siswa.

“Ada 24 sekolah Muhammadiyah dsn Aisyiah tingkat SD sampai SMA yang jadi peserta, yakni kepala sekolah sebagai penentu kebijakan dan pengelola perpustakaan. Outputnya agar perguruan tinggi sebagai pencetak guru bisa memberikan gambaran pengelolaan perpustakaan dan meningkatkan minat kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah,” jelas Nurman.

Di Perpustakaan UMPwr, lanjutnya, tersedia digital library sebanyak 300 buku. Adapun buku cetak 7 ribu judul. “Referensi yang dibutuhkan oleh 15 prodi yang ada di UMPwr semua ada bukunya, termasuk buku-buku umum,” jelasnya.

Salah satu peserta workshop, Kepala SD Aisyiyah Unggulan Loano, Ira Laila Safitri merasa sangat senang bisa mengikuti workshop. Menurutnya, workshop ini menjadi momen pertama kali bersama – sama dalam membangun gerakan literasi di tingkat sekolah Muhammadiyah.

“Kami diberi banyak ilmu tentang penggunaan aplikasi Kantaka dan Eldika untuk secara bertahap membuat akun milik perpustakaan sekolah dan cara mendapatkan NPP. Semoga kegiatan ini selalu bisa berkelanjutan dan menjadi agenda rutin bagi pustakawan di SD /SMP/ SMK Muhammadiyah se-kabupaten Purworejo,” harap Ira. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *