Beranda » Siap Satset, Desa Kebongunung Loano Awali Kegiatan Evaluasi 10 Program PKK di Purworejo

Siap Satset, Desa Kebongunung Loano Awali Kegiatan Evaluasi 10 Program PKK di Purworejo

LOANO, Kebongunung Kecamatan Loano menjadi desa pertama dalam rangkaian kegiatan evaluasi 10 Program Pokok PKK di Kabupaten Purworejo. Selain dihadiri Camat Loano Kusairi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo Erna Setyowati Said Romadhon juga hadir dalam acara yang diadakan pada Kamis (10/10) tersebut. Termasuk para kepala desa di Kecamatan Loano termasuk Kebungunung, beserta ketua TP PKK-nya.

Kegiatan evaluasi di Desa Kebungunung tersebut mengawali evaluasi 10 Program Pokok PKK di enam desa atau kelurahan dari lima kecamatan berikutnya. Yakni Kelurahan/Kecamatan Kutoarjo, Desa Dudukulon Kecamatan Grabag, Sukomanah Purwodadi, Karangtalun Ngombol, dan Kalikotes Pituruh.

Dalam kesempatan tersebut Camat Loano Kusairi menjelaskan peran PKK terhadap upaya ketahanan pangan di masing-masing desanya. Seperti yang dilakukan TP PKK Desa Kalisimo. Mereka melakukan kegiatan pemberdayaan pangan berupa peternakan itik petelur. “Jadi PKK belanja pakan itik di BUMDes dengan menggunakan dana desa. Hasilnya, telur itik dipakai untuk penanganan stunting di desa Kalisimo,” ungkap Kusairi.

Demikian pula dengan kegiatan TP PKK di Desa Kebongunung yang mengelola lahan dengan cara menanam pohon jagung untuk ketahanan pangan. “Panen pertama sudah dilakukan, kemudian dilakukan kegiatan berikutnya yakni menanam kacang tanah,” imbuhnya.

Pengurus TP PKK Kabupaten , Kecamatan, dan Desa beserta Camat Loano

Kusairi berbangga, melalui kegiatan yang dilakukan tersebut TP PKK tidak lagi meminta ataupun mengandalkan dana desa. Selama ini menurutnya, PKK selalu minta dana ke kecamatan untuk melakukan kegiatan. “Embrionya sudah dimulai sehingga punya kas sendiri, jadi tidak minta dana ke kecamatan. Termasuk di Desa Kedupoh, empat dusun di sana sudah punya usaha mengelola itik,” imbuh Kusairi.

Dengan adanya kegiatan tersebut, TP PKK di Desa Kebungunung dan lainnya di Kecamatan Loano telah menjalankan inovasi Siap Satset atau sinergi antar program, desa tambah sejahtera.

Adapun Erna Setyowati, selain mengapresiasi para camat dan kepala desa yang telah memberikan motivasi sehingga masuk peringkat enam nominasi, juga menjelaskan bahwa hari ini tim dari tingkat Kabupaten mengadakan cek ke lapangan. Tujuannya adalah melihat dari dekat implementasi 10 Program Pokok PKK di masing – masing desa.

Erna pun mengajak para kader PKK untuk membudayakan moto 3T. Yakni Terdepan, Terkoordinasi, dan Terpercaya secara data yang akurat, valid, dan akuntabel.

“Perlu kami informasikan pemerintah saat ini sedang gencar-gencarnya untuk menangani percepatan penurunan stunting. PKK sebagai mitra pemerintah ikut mengapresiasi masalah stunting. Peran kader PKK dalam mencegah stunting yakni harus Tanggap, Trengginas, Tanggungjawab, dan Tanpa imbalan,” tandas Erna.

Berikutnya, Erna beserta tim didampingi Ketua TP PKK Desa Kebungunung Lani Susanti dan Ketua TP PKK Kecamatan Loano Yusdani Yulia Kusairi meninjau kegiatan yang dilakukan oleh para kader PKK di desa tersebut. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *