Beranda ยป Rangkaian Lustrum 6 SMPN 31 Purworejo: Baksos, Pawai Sepeda, Hingga Lomba Modern Dance

Rangkaian Lustrum 6 SMPN 31 Purworejo: Baksos, Pawai Sepeda, Hingga Lomba Modern Dance

PURWOREJO, Kepala SMPN 31 (Spentisa) Purworejo Yosiyanti Wahyuningtyas (Yosi) beserta jajaran guru, karyawan serta komite dan paguyuban orang tua siswa tampaknya benar-benar mempersiapkan acara lustrum atau perayaan lima tahun sekolah yang keenam dengan matang. Terbukti, rangkaian aneka kegiatan digelar untuk memeriahkan ulang tahun sekolah yang berlokasi di Jalan Brigjen Katamso tersebut.

Ditemui Purworejo News di sela pawai sepeda hias yang menjadi salah satu rangkaian acara lustrum pada Sabtu (5/10), Yosi menjelaskan detil kegiatan. “Rangkaian kegiatan diawali pada Selasa (1/10) berupa gelar budaya P5 untuk kelas 9. Berikutnya pada Rabu (2/10) berupa gelar karya kelas 8 dan permainan tradisional. Bersamaan dengan fashion show memperingati Hari Batik Nasional oleh para guru dan kepala sekolah,” tutur Yosi.

Selanjutnya pada Kamis (3/10) rangkaian lustrum berupa bakti sosial (baksos) ke Panti Sosial Plandi di Purwodadi dengan memberikan aneka macam sembako. Juga baksos untuk masyarakat sekitar berupa 200 paket sembako. Hari itu juga dilakukan ziarah ke makam tokoh SMPN 31, termasuk kepala sekolah, guru, dan karyawan.

Kepala SMPN 31 saat fashion show Hari Batik Nasional

“Dana baksos ini berasal dari para siswa dan guru yang setiap hari mengumpulkan uang seikhlasnya,” tutur Yosi. Acara lainnya, pada Jumat (4/10) berupa baksos membersihkan sampah plastik di Pantai Dewa Ruci Jatimalang. Dilakukan oleh guru, karyawan, dan perwakilan siswa dari OSIS.

Malam harinya dilakukan tasyakuran sebelum pada pagi harinya yakni Sabtu (5/10) tepat di hari jadinya yang ke-30 digelar berbagai kegiatan di sekolah. Berupa pawai sepeda hias, lomba modern dance dan tumpeng antar kelas. Tampak para siswa antusias mengikuti rangkaian acara tersebut.

Yosi menuturkan, pawai sepeda hias diikuti 400-an siswa termasuk perwakilan orang tua siswa dan komite dengan rute sekitar tujuh Km. Selain itu juga dilepas 30 ekor burung merpati sebagai simbol harapan sekolah yang melambung tinggi. Kepala Dindikbud Wasit Diono pun turut hadir dan melepas peserta pawai.

Lomba modern dance

Rangkaian acara lustrum masih berlangsung hingga besok, Minggu (6/10) yang merupakan puncak kegiatan. Berupa resepsi dan dirangkai dengan launching Marching Band Gema Bahana Spentisa serta peluncuran buku karya siswa dan guru.

Yosi menjelaskan, tema lustrum yaitu “30 Tahun Mengabdi, Spentisa Berbakti, Berbagi, dan Bersinergi”. Menurutnya, kegiatan ini adalah untuk menandai perayaan, dedikasi, dan komitmen warga sekolah untuk menghargai perjalanan 30 tahun melalui berbagai kegiatan.

“Kami berharap, dengan usia 30 tahun, Spentisa dapat semakin kompak serta memberikan layanan terbaik kepada siswa dan masyarakat. Karena ini dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak,” tandas Yosi.

Wasit Diono pun menyampaikan ucapan selamat kepada segenap keluarga besar SMPN 31 yang merayakan lustrum ke-6 dan HUT ke- 30. Menurutnya, seluruh rangkaian kegiatan bisa terwujud karena ada kerja sama dan komunikasi yang baik dengan stakeholder.

Wasit berpendapat bahwa animo masyarakat kepada SMPN 31 akhir-akhir ini tinggi. Hal itu terbukti tiap PPDB sampai menolak karena kelebihan pendaftar. “Semoga dengan HUT ke-30 akan dapat menambah motivasi dan semangat SMPN 31 untuk berprestasi lebih banyak lagi,” pungkas Wasit. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *