Beranda ยป Kembara Ilmu di Indonesia, 3 Sekolah Unggulan dari Malaysia Kunjungi SMAN 1 Purworejo

Kembara Ilmu di Indonesia, 3 Sekolah Unggulan dari Malaysia Kunjungi SMAN 1 Purworejo

PURWOREJO, SMAN 1 Purworejo menerima kunjungan dari tiga sekolah unggulan di Malaysia pada Rabu (18/9). Kunjungan mereka adalah dalam rangka kegiatan bertajuk Kembara Ilmu di Indonesia. Kedatangan delegasi sebanyak 57 orang tersebut disambut oleh Kepala SMAN 1 Nur Aziz dengan tradisi Paskibra dan tari tradisional di halaman sekolah. Ketua Komite Hermawan Wahyu Utomo pun turut menyambut rombongan.

Ketiga sekolah unggulan tersebut yakni Sekolah Seri Putri, Sekolah Menengah Sains Bagan Datoh, dan Sekolah Menengah Tuanku Aisah Rohani. Rombongan terdiri atas siswa dan guru, dipimpin oleh Puan Halimatus Sa’adiah binti Sheik Ismail yang merupakan Kepala Sekolah Menengah Tuanku Sains Bagan Datoh. Juga Ketua Delegasi Sekolah Seri Puteri yakni Tuan Hamir Habeed Mohd dan Tian Muhamad Razi bin Musa dari Sekolah Aishah Rohani.

Bertempat di Laboratorium Seni Budaya, rombongan selanjutnya melakukan kegiatan dialog serta pertukaran pentas seni. Dalam kesempatan tersebut selain mengenalkan komite termasuk jajaran wakil kepala sekolah , Nur Aziz juga berharap kepada para tamunya agar kerjasama dapat berlanjut.

Kepala SMAN 1 Purworejo Nur Aziz bersama Ketua Rombongan dari Malaysia Puan Halimatus Sa’adiah

Selain itu, kepada para siswanya kepala sekolah berharap agar para siswa dapat menjadi teknokrat. Hal itu adalah agar mereka membangun jejaring internasional sejak dini sehingga hubungan internasional akan mudah terbuka dan visi misi dapat tercapai.

Di sisi lain, Puan Halimatus Sa’adiah dengan logat Melayu dan bahasanya, mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh pihak SMAN 1. “Terima kasih pula kepade cikgu-cikgu,” ujarnya. Disebutkan bahwa SMAN 1 sudah delapan tahun menjalin kerjasama dengan Sekolah Seri Puteri.

Ia pun menyebutkan bahwa di Malaysia ada 73 sekolah asrama penuh yang sebagian besar biayanya ditanggung pemerintah.

Selanjutnya, para tamu disuguhi Ensamble Musik Ganeca Voice berupa mini oskestra. Sekolah Malaysia pun menyajikan pentas seni. SMAN 1 juga membuat semacam mini expo yang diselenggarakan di ruang kelas. Panggung atraksi untuk seni dan drama musikal digelar juga di halaman belakang sekolah.

Kedua belah pihak yakni SMAN 1 dengan ketiga sekolah unggulan Malaysia tersebut kemudian melakukan penandatanganan kerjasama. Juga dilakukan pertukaran cinderamata baik dari SMAN 1 maupun ketiga sekolah tersebut.

Selain ke SMAN 1, rombongan juga mengunjungi SMAN 7 sebelum melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta, Solo, Magelang, dan sekitarnya. Selama perjalanan tersebut, mereka didampingi oleh 22 siswa SMAN 1 yang ditunjuk khusus untuk mendampingi perjalanan selama di Indonesia. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *