Beranda ยป Keren, Siswa SMPN 2 Purworejo Juara 2 Menyanyi Solo FLS2N Tingkat Nasional

Keren, Siswa SMPN 2 Purworejo Juara 2 Menyanyi Solo FLS2N Tingkat Nasional

PURWOREJO, Prestasi membanggakan ditorehkan oleh siswa kelas 8D SMPN 2 Purworejo, Sulthan Fadhil Syahbal yang berhasil meraih Juara 2 Menyanyi Solo pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Tingkat Nasional (FLS2N). Atas prestasi tersebut, Sulthan berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan senilai Rp 10 juta. Acara pengumuman lomba sekaligus penutup rangkaian acara FLS2N dilakukan di Hotel Redtop & Convention Center, Jakarta pada Kamis (12/9) malam. Pada Jumat (13/9) sore, baru tiba di Purworejo.

Ibu dari Sulthan, Sulistyo Setyowati (Lis) kepada Purworejo News menceritakan, awal lomba dimulai sejak Sulthan kelas 7 saat memenangi FLS2N tingkat kabupaten. Selanjutnya saat duduk di bangku kelas 8 Sulthan mengikuti seleksi tingkat provinsi.

“Pada tahapan seleksi tingkat provinsi diambil dua anak yang menjadi juara 1 dan 2 mewakili Jawa Tengah. Kemudian di tingkat nasional diambil 10 orang yang masuk semi final dari berbagai provinsi peserta lomba menyanyi solo,” jelas Lis.

Selain diambil 10 finalis dari berbagai provinsi, juga ada sembilan peserta dari luar negeri. Berikutnya panitia menetapkan Juara 1, 2, 3, dan Harapan 1, 2, dan 3. Adapun lagu wajib yang dibawakan yakni Gajah (Tulus). Sedangkan lagu wajib pilihan yang diambil Sulthan yakni Part Of Your World yang menjadi soundtrack film The Little Mermaid dan dipopulerkan oleh Helle Bailey.

Sulthan bersama guru pembimbing dari sekolah

Lis patut berbangga anak bungsunya menyandang gelar juara lomba menyanyi solo tingkat nasional. “Berdasarkan informasi dari panitia, peserta FLS2N awalnya sebanyak 42 ribu anak se-Indonesia dan sembilan dari luar negeri/atase. Dari jumlah tersebut yang masuk final hanya 150 anak se-Indonesia dari enam cabang lomba,” ucap Lies.

Tak hanya itu. Juri lomba menyanyi pun berasal dari kalangan profesional. Mereka adalah dua penyanyi handal yakni Nina Tamam (mantan vokalis Band Lingua dan Warna), lalu Dea Mirella (jebolan Indonesian Idol sekaligus vokalis grup band Warna), serta alumni ISI Jogja Doly Fillamenta.

Adapun para pemenang lomba menyanyi solo yakni:
Juara 1 Felica (DKI)
Juara 2 Sulthan Fadhil Syahbal (Jawa Tengah)
Juara 3 Yelena Beauty Langi (Kalimantan Timur)
Juara Harapan 1 Greatcia (Sulawesi Barat)
Juara Harapan 2 Dinda Mutiara Indi (Jawa Barat)
Juara Harapan 3 Ribkha Marzhanata (DIY)

Lis bersyukur, usaha maksimal yang dilakukan Sulthan dengan cara konsisten berlatih dapat menghantarkannya menjadi juara. Selain itu juga doa dari keluarga dan berbagai pihak untuk keberhasilan Sulthan. “Alhamdulillah, usaha tidak pernah mengkhianati hasil,” ungkap Lis.

Adapun Kepala SMPN 2, Sutarto yang dihubungi Purworejo News menyampaikan rasa suka citanya atas keberhasilan Sulthan dalam meraih juara FLS2N di tingkat nasional. “Bagi saya prestasi Sulthan ini sesuatu yang membanggakan. Semoga bisa menginspirasi teman-temannya untuk bisa berprestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, bahkan internasional,” tulis Sutarto.

Kepada Sulthan ia berpesan agar lebih semangat lagi untuk meningkatkan potensi sehingga lebih bisa berprestasi di masa yang akan datang. “Raih mimpi dan harapanmu setinggi langit,” pesannya. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *