Beranda ยป Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Menteri AHY Kenakan Baamar Galung Pancar Matahari dari Kalimantan Tengah

Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Menteri AHY Kenakan Baamar Galung Pancar Matahari dari Kalimantan Tengah

NUSANTARA, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI. Upacara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo digelar di Lapangan Upacara Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8).

Dalam kesempatan tersebut Menteri AHY bersama Pembina IKAWATI ATR/BPN, Annisa Pohan Yudhoyono mengenakan pakaian adat dari daerah Kotawaringin Barat, Baamar Galung Pancar Matahari. Pakaian yang biasa dipakai oleh pengantin dari Suku Banjar ini memiliki ciri khas aplikasi warna dan detail yang gemerlap, sehingga seolah bermandikan sinar matahari.

Melengkapi pakaian adatnya, Menteri AHY mengenakan hiasan kepala, jas, celana panjang, dan sarung pendek sepanjang lutut. Sementara Annisa Pohan Yudhoyono mengenakan amar/mahkota dari logam berwarna emas berbentuk dua naga berebutan mustika dan tumpukan kembang goyang yang dipercantik dengan hiasan bunga serta ronce dari kelopak mawar merah dan kembang melati yang menguncup untuk melambangkan kesucian. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *