Beranda ยป Dukung Guru dan Siswa, Kepala SMPN 18 Purworejo Turut Jadi Peserta Pelatihan Jurnalistik

Dukung Guru dan Siswa, Kepala SMPN 18 Purworejo Turut Jadi Peserta Pelatihan Jurnalistik

KEMIRI, Kepala SMPN 18 Purworejo, Nurhayati turut serta dalam Pelatihan Jurnalistik yang diadakan pada Sabtu (3/8). Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan sekolah kepada guru dan siswa peserta. Selain kepala sekolah, ada belasan guru dan puluhan siswa yang mengikuti acara pelatihan yang dihelat di Graha Wiyata Siswatama sekolah tersebut.

Pelatihan jurnalistik kerjasama dengan media online Purworejo News itu menurut Nurhayati, dilakukan untuk meningkatkan literasi peserta. Disebutkan, sebenarnya pelatihan ini sudah direncanakan sejak lama. “Tapi baru tahun ini terlaksana karena akreditasi perpustakaan sehingga kami memilih siswa literasi,” tuturnya.

Melalui kegiatan pelatihan jurnalistik, Nurhayati berharap siswa dapat lebih andal dalam membuat berita, sehingga dapat memanfaatkan gadget secara positif. “Saya juga berharap agar para peserta pelatihan jurnalistik ini dapat menjadi inspirator sehingga bisa menularkan ilmu kepada teman-temannya,” ungkapnya.

Tak hanya itu. Usai pelatihan jurnalistik, tim akreditasi akan membuat regulasi yang menyentuh seluruh siswa sehingga tidak hanya dimiliki sebagian dari mereka. Anak-anak pun bisa memanfaatkan medsos. “Diharapkan juga akan materi pelatihan jurnalistik ini bisa dikembangkan dan ada peserta yang menjadi jurnalis andal,” pungkas Nurhayati.

Peserta pelatihan sedang praktek foto jurnalistik

Selama enam jam, peserta mengikuti pelatihan dengan mendapatkan materi berupa pengantar jurnalistik, latihan menganalisa dan membuat berita, praktek wawancara, serta fotografi yang sesuai dengan standar jurnalistik. Mereka dibagi dalam beberapa kelompok untuk kemudian mengaplikasikan materi yang didapat.

Pemateri dari Purworejo News yakni Yudia Setiandini dan Fajria Rahmatasari pun merasa puas dengan hasil yang didapat. Hal itu mengingat para peserta yang mudah menyerap materi serta mengikuti kegiatan dengan antusias. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *