Beranda ยป Cegah Serangan Penyakit, Puluhan Bayi dan Anak Divaksinasi di RSU Kasih Ibu Purworejo

Cegah Serangan Penyakit, Puluhan Bayi dan Anak Divaksinasi di RSU Kasih Ibu Purworejo

PURWOREJO, Memperingati Hari Anak bulan Juli ini, RSU Kasih Ibu Purworejo mengadakan imunisasi kepada puluhan bayi dan anak-anak. Sesuai dengan tema Hari Anak yakni anak terlindungi, Indonesia maju, imunisasi dilakukan dengan tujuan untuk menjadikan anak-anak generasi Indonesia Emas sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa dicegah.

Imunisasi, menurut dokter spesialis anak RSU Kasih Ibu, dr Alfons, S.PA, bertujuan untuk melindungi anak dari berbagai penyakit yang bisa bisa dicegah. “Seperti vaksin metafolin untuk perkembangan otak bayi, hexavalen untuk melindungi enam macam penyakit, imunisasi tetes, vaksin JE untuk melindungi radang otak, juga vaksin demam berdarah (DB),” jelas dr Alfons saat ditemui Purworejo News pada Sabtu (27/7) sebelum pelaksanaan vaksin dimulai.

Dirinya menyebutkan, vaksin DB memang belum banyak diberikan di Purworejo. Apalagi beberapa waktu lalu jumlah anak terserang DB cukup banyak, termasuk yang dirawat di RSU Kasih Ibu. “Pelayanan vaksinasi bayi dan anak di RSU Kasih Ibu termasuk yang paling komplet di Kabupaten Purworejo. Ini merupakan salah satu program unggulan kami,” lanjutnya.

Selain divaksin, anak-anak juga diberi reward berupa balon untuk dibawa pulang. “Ini supaya anak-anak ceria dan tidak takut atau trauma saat dia disuntik. Jadi supaya anak-anak gembira,” tutur dr Alfons. Terkait batasan usia yang divaksin yakni bayi yang baru lahir hingga mereka yang berusia di bawah 18 tahun.

Anak yang sudah divaksin mendapatkan reward balon

Adapun untuk biaya vaksin, dr Alfons menyebutkan, sama dengan tarif layanan umum dan ada juga yang menggunakan asuransi. Saat melakukan vaksinasi, dr Alfons dibantu oleh tim sehingga puluhan bayi dan anak yang divaksin dapat dilayani dengan baik.

Terkait dengan vaksinasi tersebut, Direktur RS Kasih Ibu dr Dendi Artstetrianto bersyukur kegiatannya berjalan dengan lancar. Selain itu juga cakupan imunisasi dapat optimal. “Kami juga bersyukur rumah sakit swasta seperti RSU Kasih Ibu dapat berperan serta mendukung program pemerintah untuk kesehatan masyarakat,” kata Dendi.

Tak hanya saat peringatan Hari Anak, kegiatan imunisasi juga dilakukan secara rutin di rumah sakit yang memang memiliki keunggulan pada bayi dan anak tersebut. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *