Beranda ยป Gerakan Pencanangan Membaca 30 Menit dalam Keluarga, PKK Kabupaten Purworejo Gandeng MAN Sediakan Buku Bacaan

Gerakan Pencanangan Membaca 30 Menit dalam Keluarga, PKK Kabupaten Purworejo Gandeng MAN Sediakan Buku Bacaan

PURWOREJO, Untuk menumbuhkan minat baca selama 30 menit dalam keluarga, Tim Penggerak PKK Kabupaten Purworejo menggandeng MAN sebagai penyedia buku yang dibutuhkan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Purworejo pun turut menggawangi acara yang dilakukan pada Jumat (26/7) di Aula Hotel Ganesha.

Puluhan pengurus PKK tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan menjadi peserta acara yang dirangkai dengan penandatanganan MoU tersebut. Termasuk perwakilan dari organisasi wanita seperti GOW, Puspa, dan Serat Kartini.

Melalui gerakan tersebut, diharapkan keluarga mempunyai waktu yang berkualitas untuk berkumpul dan membaca bersama. Berdasarkan data dari UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah. “Hanya satu dari seribu orang Indonesia yang gemar membaca. Kegiatan ini mulai banyak ditinggalkan termasuk oleh anak-anak yang lebih suka bermain game di gadget,” tutur Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Erna Setyowati Said Romadhon.

Ketua Serat Kartini Titik Mintarsih pun memberikan sekapur sirih tentang pentingnya membaca 30 menit dalam keluarga. Disebutkan,malas membaca menyebabkan kurangnya ilmu pengetahuan dan minim wawasan serta perbendaharaan kata serta kurang percaya diri.

Para peserta kegiatan yang dilakukan TP PKK Kabupaten Purworejo

Perkembangan teknologi pun dinilai berdampak secara signifikan mengurangi minta literasi. “Keterbatasan buku dan pengaruh HP yang digunakan kurang tepat serta kurangnya dukungan untuk hobi membaca sejak dini menjadi kita seperti ini,” katanya.

Dirinya pun mengajak para peserta kegiatan untuk membaca buku sesuai mint atau kesukaan, membuat jadwal untuk membaca di tempat yang nyaman, serta bergabung dengan kelompok baca. Tak lupa lula untuk memberi reward kepada diri sendiri setelah membaca.

Bupati yang diwakili oleh Asisten Ahli Rita Purnama dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang merupakan kerjasama PKK dengan MAN. Menurutnya, penandatanganan kerjasama ini merupakan langkah konkret dalam memperkuat gerakan literasi di Kabupaten Purworejo.

Terkait kegiatan tersebut, Kepala Dinpusip Eni Sudiati menjelaskan, penguatan potensi anggota TP PKK Kabupaten Purworejo dengan memberdayakan Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Purworejo merupakan upaya dalam peningkatan pengetahuan dan pemanfaatan informasi.

Pengurus TP PKK dari tingkat desa/kelurahan hingga kabupaten mengikuti kegiatan

“Meningkatkan kapasitas dan keahlian anggota TP PKK Kabupaten Purworejo melalui optimalisasi pemanfaatan koleksi buku perpustakaan merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas SDM,” ucap Eni.

Selain itu, komitmen lainnya yakni melakukan upaya pengembangan program Literasi Perpustakaan untuk memperluas cakupan dan dampak positifnya. Sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan literasi dan pengetahuan di kalangan masyarakat setempat.

Para peserta pun menandatangani komitmen bersama untuk menyukseskan gerakan membaca 30 menit bersama keluarga di Kabupaten Purworejo.

Dalam kegiatan tersebut para peserta juga mendapatkan pencerahan tentang Perpu cukai tembakau melalui Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCT) Kabupaten Purworejo. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *