Beranda ยป Awali Gerakan Generasi Sehat dan Kuat, Siswa SMPN 33 Purworejo Lakukan Sarapan Bersama

Awali Gerakan Generasi Sehat dan Kuat, Siswa SMPN 33 Purworejo Lakukan Sarapan Bersama

PURWOREJO, Gerakan sarapan atau makan pagi bersama dilakukan oleh SMPN 33 Purworejo saat pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Di hari pertama pelaksanaan MPLS yakni Senin (22/7), para siswa baru kelas 7 melakukan sarapan massal dengan makan bersama di aula indoor sekolah tersebut. Adapun pada Selasa (23/7), sarapan dilakukan siswa di kelas masing-masing bersama guru kelas mereka.

Kegiatan sarapan bersama tersebut, menurut Kepala SMPN 33 Muslikhah, tujuan utamanya yakni untuk mengawali pembentukan generasi yang sehat dan kuat. Tidak dipungkiri bahwa sarapan memberikan kontribusi berupa pembentukan energi yang akan membuat siswa bersemangat saat mengikuti pelajaran di kelas.

Selain itu, menurut Muslikhah, dengan sarapan bersama akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan solidaritas antar siswa. “Makan bersama juga bermanfaat untuk memupuk rasa solidaritas antar siswa. Mereka jadi bisa lebih akrab satu sama lain,” ungkapnya pada Selasa (23/7). Kegiatan sarapan seperti ini, menurut Muslikhah, akan diagendakan secara berkala.

Pembekalan MPLS antara siswa dan orang tua

Kegiatan MPLS yang berlangsung selama tiga hari di SMPN 33, dilakukan di indoor sekolah maupun kelas. Materinya lebih menekankan pada pembinaan karakter siswa serta pengenalan lingkungan sekolah, termauk kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti.

Tak hanya itu. Pada Sabtu (20/7) menjelang masuk sekolah, para siswa kelas 7 bersama orang tua mereka diundang untuk mengikuti sosialisasi MPLS. Hal itu penting dilakukan, menurut Muslikhah, agar orang tua mendapat pemahaman tentang kegiatan MPLS yang akan diikuti oleh putra putri mereka. “Bisa saja kesannya kan anak itu seperti diospek, diminta membawa ini itu yang kadang dirasa aneh-aneh,” tuturnya.

Setelah MPLS, Muslikhah berharap para siswa dapat beradaptasi dan mengikuti pelajaran dengan semangat. Apalagi mereka sekarang banyak mendapatkan teman baru yang berasal dari lingkungan sekolah sebelumnya di tingkat SD. (Dia)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *