Beranda ยป Jago Main Basket, Siswa SMPN 2 Purworejo Raih Beasiswa Rp 51,9 Juta di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Jago Main Basket, Siswa SMPN 2 Purworejo Raih Beasiswa Rp 51,9 Juta di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

PURWOREJO, Siswa SMPN 2 Purworejo, Radithya Esta Mahatma (Radit) berhasil mendapatkan beasiswa penuh senilai Rp 51,9 juta di SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta. Beasiswa tersebut diperoleh Radit atas prestasinya di bidang olah raga basket yang sudah ditekuninya sejak kelas 3 SD. Prestasi terbaiknya yakni menjadi top scorer turnamen basket nasional GCBC tahun 2024.

Ibunda Radit, Retno Widanti saat dihubungi Purworejo News mengungkapkan, beasiswa yang diterima Radit tersebut meliputi seluruh biaya yang semestinya dibayarkan selama tiga tahun menempuh pendidikan di SMA Muhi. “Ya itu sudah semuanya, termasuk biaya asrama, Alhamdulillah 100% free,” ungkap Retno pada Minggu (14/7).

Ia menjelaskan, SMA Muhi memang cukup concern menjaring calon siswa yang memiliki minat dan basket bidang olahraga basket. Terlebih tahun 2023 lalu SMA ini melaju ke babak final DBL Yogyakarta.

Menurut Retno, selain Radit ada tiga siswa lain yang juga mendapat beasiswa basket. “Itu yang dua siswa dapat beasiswa Rp 4,6 juta, sedangkan dua lainnya dapat beasiswanya Rp 26 juta. Alhamdulillah Radit dapat beasiswa penuh,” imbuhnya.

Radit saat jadi top scorer

Terkait prestasinya di cabor basket, Radit yang lahir tanggal 3 Juli 2009 ini pertama ikut klub basket Sehati Magelang saat duduk di kelas 3 SD. Sebelumnya Radit berlatih secara otodidak bersama ayahnya, Ferry Setiawan yang juga seorang pemain basket.

Setelah Covid reda, Radit yang tinggal bersama keluarganya di Jalan Abdul Jalil RT 01 RW 08 Kelurahan Tambakrejo Purworejo ini, masuk klub Basket Incredible di Yogyakarta tahun 2021. Selanjutnya Tahun 2023, Radit yang sebelumnya pernah menekuni cabor taekwondo ini pindah Klub Astro Yogya sampai akhirnya diterima di Ponpes As Sakinah.

Prestasi yang membuat Radit mendapatkan beasiswa penuh, yakni kiprahnya menjadi pemain basket yang mengantarkan timnya menjadi juara berkali-kali. Yakni Juara 3 AKJ Cup Tahun 2019, Juara 1 Pra PBL 2022, Juara 1 sekaligus MVP PBL Tahun 2022, Juara 1 Popda Kabupaten Purworejo tiga tahun berturut-turut mulai tahun 2022 hingga 2024.

Berikutnya, Radit yang menempati posisi sebagai Point Guard atau playmaker ini juga pernah menghantarkan SMPN 2 menjadi Juara 1 pada event Patriot Cup 3*3 Tahun 2022, Juara 1 Porda Smanda Yogyakarta Tahun 2022.

Radit saat berlaga di lapangan basket

Selanjutnya pada tahun 2023, bersama klubnya, Radit menjadi Juara 1 EYL 3*3, Juara 1 PBL, Juara 2 GCBC Nasional IX 2023 sekaligus menjadi top scorer di event tersebut. Lalu pada tahun 2024, sulung dari dua bersaudara ini lagi-lagi menampilkan performa terbaiknya saat menjadi Juara 1 Kejurkab Sleman, Juara 1 GCBS Nasional X, dan kembali dinobatkan sebagai top scorer.

Atas prestasinya tersebut pantaslah bila Radit mendapatkan beasiswa 100% di sekolah yang berada di bawah naungan amal usaha Muhammadiyah Yogyakarta tersebut. Menurut penuturan Retno yang juga alumni SMPN 2 (Kejora) bersama Ferry, sebenarnya Radit juga diterima melalui jalur beasiswa di salah satu SMA swasta ternama di Solo. Namun Radit lebih memilih meneruskan studinya di SMA Muhi.

Saat dihubungi, Radit mengatakan alasannya memilih melanjutkan studi di SMA Muhi. “Selain bisa mendalami ilmu agama, juga masih tetap mengembangkan bakat dan minat basket saya di sini,” ucapnya polos. (Dia)

Loading