Beranda » 68 Siswa SMAN 1 Purworejo Lolos SNBP, Terbanyak Pilih UGM

68 Siswa SMAN 1 Purworejo Lolos SNBP, Terbanyak Pilih UGM

PURWOREJO, Sebanyak 68 siswa kelas  XII SMAN 1 Purworejo berhasil masuk perguruan tinggi negeri  (PTN) tanpa tes melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).  Sebelumnya, SNBP bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dari 68 siswa yang diterima, tahun ini SMAN 1 mengusulkan 158 siswanya yang eligible atau layak dan memenuhi syarat untuk ikut SNBP.

Kepala SMAN 1 melalui Waka Kesiswaan Subagyo DS kepada Purworejo News menyampaikan, ke-68 siswa tersebut diterima di delapan PTN dengan jumlah terbanyak di UGM yakni 33 siswa. “Alasannya, sebagian besar mereka memilih yang dekat dengan kota Purworejo,” kata Bagyo.

Sedangkan lainnya, di UNS (22), Undip (4), ITB (3), ITS (2), lainnya yakni Universitas Negeri Jember/UNEJ, Universitas Terbuka/UT, dan Institut Seni Indonesia/ISI masing-masing satu siswa. Seperti tahun lalu, kali ini pun tidak ada siswa SMAN 1 yang masuk ke UI melalui jalur khusus ini.

Siswa SMAN 7 Purworejo

Ke-68 siswa SMAN 1 yang diterima SNBP tahun ini, kata Subagyo, terdiri atas 51 putri dan 17 putra. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yakni 67 orang. “Alhamdulillah anak-anak dapat diterima sesuai dengan pilihan mereka, kami turut bersyukur atas prestasi ini,” katanya.

Adapun di SMAN 7, jumlah siswa yang diterima melalui jalur SNBP tahun ini sebanyak 37 orang. Menurut Kahumas SMAN 7 Widyastuti, jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak empat siswa dari tahun sebelumnya yakni 33 siswa. Ke-37 siswa itu terdiri atas 27 putri dan 10 putra.

Widya merinci, 37 siswa itu diterima di 13 PTN. Yakni UGM (8), UNS (7), Undip (7), UNY (4), Untidar (3), ITB, Unpad, Universitas Brawijaya, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Unsoed, Untidar, Poltek Negeri Surabaya, dan Poltek Madiun masing-masing satu siswa. (Dia)

Loading

One thought on “68 Siswa SMAN 1 Purworejo Lolos SNBP, Terbanyak Pilih UGM

  1. Terima kasih banyak atas Informasinya, Semangat untuk SMANSA.. semoga kedepannya semakin meningkat lagi jumlahnya termasuk yg Lolos ke UI.. amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *