Workshop dan Pendampingan Pengembangan Video Pembelajaran untuk Siswa dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru SD di Kabupaten Kebumen

Oleh : Drs Wahyudi, M.Pd

Pada tanggal 12 April 2021 Tim Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Kebumen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta menyelenggarakan Workshop dan Pendampingan Pengembangan Video Pembelajaran untuk Siswa dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Bagi Guru Sekolah Dasar (SD). 

Pada kegiatan Workshop dan Pendampingan kali ini, Tim Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Prodi PGSD Kebumen mengundang guru dari 2 gugus yang ada di Kebumen yaitu Gugus Banyumudal dan Gugus Rujakbeling.  

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan softskill dan kinerja guru SD dalam bidang pembuatan Video Pembelajaran yang dapat membantu siswa SD memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan berbasis daring, karena adanya pandemi Covid-19. 

Drs. Wahyudi, M.Pd, penulis

Dengan adanya Pandemi Covid-19 ini, penting adanya suatu media pembelajaran jarak jauh yang dapat digunakan siswa dalam membantu meningkatkan kemampuan dan pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh guru.

Kegiatan Workshop dan Pendampingan dilaksanakan secara tatap muka atau secara langsung, bertempat di Kampus PGSD Kebumen dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 guru SD yang tergabung dalam 2 Gugus. Acara dibuka oleh Ketua Tim Pengabdian, yaitu Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. 

Dr. Rokhmaniyah, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi yang semakin meningkat.

Peserta Workshop dan Pendampingan

Adanya Pandemi Covid-19 diharapkan guru SD mampu meningkatkan softskill dalam pembuatan media pembelajaran berbasis video.

Kegiaan Workshop dan Pendampingan tidak hanya dilaksanakan secara tatap muka, tetapi juga akan dilaksanakan secara daring selama bulan April sampai Juni 2021. 

Guru akan diberikan tugas membuat sebuah media pembelajaran berbasis Video sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa.

Guru yang mampu menerapkan metode pembelajaran yang kreatif, bervariasi dan lebih fokus dalam pengembangan motivasi kepada siswa, maka akan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran sehingga materi yang disampaikan oleh guru akan dapat mudah dipahami. (***)

Penulis pengajar pada PGSD dan Lektor Kepala pada FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tinggal di Jalan Kepodang 67-A Kebumen 54312.

Tinggalkan Balasan