Grebeg dan Festival Duren Dibuka, Bupati: Duren Purworejo Paling Enak Sedunia

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM mengagumi citarasa durian Purworejo yang lebih lezat dibanding durian dari daerah lain. Bahkan dengan setengah bercanda Bupati mengatakan durian Purworejo dinilai paling enak sedunia. Pujian tersebut dikemukakan saat mencicipi beberapa butir/pongge durian usai membuka acara Grebeg Duren di Jalan RAA Tjokronegoro, Jumat sore (14/2).

Bupati mengatakan, Grebeg dan Festival Duren akan diagendakan sebagai even rutin guna memperkenalkan durian Purworejo kepada orang luar daerah. Even tersebut sekaligus juga sebagai tanda kalau durian jadi salah satu ikon Purworejo.

“Besok banyak teman saya dari Jakarta akan datang ke arena Festival Duren,”kata Bupati.

Grebeg Duren merupakan agenda perdana rangkaian Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purworejo di bawah koordinasi Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan, dan Perikanan (PPKP) Kabupaten Purworejo.

Acara grebeg Durian diawali dengan kirab 4 gunungan berisi manggis, petai dan durian. Sebanyak 16 durian pilihan dibawa dalam bakul oleh delapan penari wanita. Kirab dilakukan oleh pegawai PPKP Kabupaten Purworejo dipimpin Kadinas Wasit Diyono.

Selain Bupati, acara dihadiri oleh Kapolres Purworejo AKBP Rizal Naruto, SIK, Sekda Drs Said Romadhon, Forkopimda, pimpinan OPD, serta sejumlah camat. Ratusan pengunjung juga turut memeriahkan acara yang sebelumnya sempat diguyur hujan deras itu.

Stan-stan durian lokal dipenuhi pengunjung

Usai diarak, meski belum saatnya, keempat gunungan berisi puluhan durian itu langsung ludes diserbu pengunjung yang sudah tidak sabar menunggu pembagian durian gratis.

Sekretaris DPPKP Sukusnanto mengatakan, Grebeg dan Festival Duren merupakan wujud syukur atas panen durian yang melimpah. “Hasil panen oleh petani diserahkan kepada bupati untuk dapat dinikmati bersama,” ujarnya.
.

Disamping itu Grebeg dan Festival Duren juga untuk mengenalkan keberagaman durian unggul lokal di Purworejo yang sangat lezat seperti Gajah Mada. Durian tersebut berasal dari sembilan kecamatan penghasil durian di Purworejo.

Acara Grebeg dan Festival Duren akan digelar hingga Minggu (16/2) dengan agenda lelang duren, lomba makan durian, bazaar produk olahan, dan juga panggung hiburan.

Bupati memborong durian senilai Rp 1,4 juta untuk dibagikan kepada pengunjung

Dalam acara itu Kadinas PPKP Wasit Diyono menyerahkan durian kepada Bupati yang selanjutnya diserahkan kepada hadirin termasuk kepada awak media yang meliput acara itu. Jadilah momen itu sebagai makan durian massal.

Bupati mengungkapkan bahwa
Jalan RAA Tjokronegoro yang semula Jalan Dr Setiabudi, resmi menjadi jalan yang dapat digunakan untuk kegiatan masyarakat. Sehingga tidak lagi di tengah alun-alun yang dapat merusaknya.

“Kegiatan Grebeg Duren ini merupakan acara pertama sejak diganti nama jalannya,” ujar Bupati.

Di penghujung acara, Bupati beserta rombongan meninjau stan durian dan sempat memborong puluhan durian lalu membagikannya secara gratis kepada pengunjung. (Dia)

Tinggalkan Balasan