Dibanjiri Ribuan Pengunjung, Pantai Jatimalang “Hidup” Kembali

PURWODADI, Dibukanya kembali berbagai obyek wisata di Kabupaten Purworejo setelah ditutup selama masa pandemi Covid-19 mengakibatkan Pantai Jatimalang diserbu ribuan pengunjung pada Minggu (14/6). Hal itu menjadi pemandangan yang sangat kontras dimana saat ditutup, tak satupun wisatawan yang diperbolehkan berkunjung ke pantai kebanggaan warga Purworejo ini.

Kini, pantai yang mulai dibuka sejak Sabtu lalu itu langsung dikunjungi ribuan wisatawan yang datang dari berbagai wilayah. Seperti yang tampak pada Minggu sore, saat ratusan kendaraan baik motor maupun mobil yang masih memenuhi area parkir meskipun hari sudah menjelang petang. Puluhan pengunjung juga datang dengan mengendarai sepeda sore itu.

Mereka rata-rata datang secara berboncengan atau berombongan bersama teman dan keluarga. Rina (27), wisatawan dari Purwokerto, yang sore hari itu datang mengendarai mobil bersama empat temannya. Mereka tampak gembira berfoto bersama di area patung Dewa Ruci yang sore itu masih ramai oleh pengunjung yang berfoto.

Tak hanya itu. Pengunjung juga dapat menyewa ATV atau motor segala medan untuk menjelajah jalan berpasir di sepanjang pantai yang mulai disewakan. Tampak beberapa pengunjung bermain air di bibir pantai. Namun sebagian besar memilih untuk menikmati suasana pantai dengan berfoto.

Wisatawan datang silih berganti ke Pantai Jatimalang

Dibukanya kembali Pantai Jatimalang juga disambut gembira oleh pelaku usaha di sana. Selain persewaan ATV, para pedagang makanan dan minuman yang berjejer di tepi pantai juga kembali turut mendapatkan rejeki setelah tiga bulan “dilockdown”.

Seperti Kemini (55), pedagang minuman dan makanan ringan, mengaku senang dengan dubukanya kembali Pantai Jatimalang. “Pengunjung datang mulai pukul 5 pagi. Sampai pukul 5 lebih sore ini juga masih ramai,” ujarnya.

Demikian juga halnya dengan juru parkir Mudi (46) yang tampak kewalahan melayani para pengunjung yang hendak meninggalkan lokasi parkir. Dua bulan sebelumnya ia mengisi harinya sebagai petugas jaga dalam rangka pencegahan Covid-19.

Persewaan lain yakni gubuk-gubukan yang sore itu masih ramai disewa oleh pengunjung yang memanfaatkannya untuk sekedar duduk santai menikmati ombak.
Hanya saja, dari beberapa area, kolam renang buatan untuk anak-anak, belum dioperasikan kembali.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 4.000 pada hari Minggu dan Rp 3.000 pada hari biasa, Pantai Jatimalang kembali bergeliat menuju kebangkitan pariwisata di Purworejo dengan menerapkan standar new habit. (Dia)

Tinggalkan Balasan