Webinar Jurnalistik dan Aneka Lomba Warnai Peringatan Bulan Bahasa di SMAN 7

PURWOREJO, Sebagai salah satu sekolah yang memiliki jurusan Bahasa, SMAN 7 Purworejo rutin memperingati Bulan Bahasa. Tak terkecuali pada tahun ini. Meski masih dibayangi Pandemi Covid-19, semangat untuk menyemarakkan kegiatan itu tetap terasa.

Meski demikian, Bulan Bahasa yang biasanya digelar pada bulan Oktober kali ini baru bisa diadakan di bulan November tepatnya tanggal 11 hingga 13 (Rabu-Jumat). Hal ini, menurut Waka Kesiswaan Agus Setiyono, M.Pd karena di bulan Oktober bersamaan dengan acara Pilketos & LDK. “Jadi kami undur di bulan November ini,” jelas Agus.

Disebutkan, ada empat kegiatan yang digelar di Bulan Bahasa yang dibarengkan dengan peringatan Sumpah Pemuda. Keempatnya yakni Lomba Pembacaan Teks Sumpah Pemuda, Lomba Fotografi, Lomba Pembuatan Artikel, serta webinar jurnalistik.

“Lomba itu semuanya diadakan secara online di rumah siswa masing-masing. Untuk webinar Jurnalistik kegiatan sudah dilakukan kemarin (Rabu) dengan diikuti 60 peserta. Mereka  berasal dari perwakilan kelas X hingga XII sebanyak 40 siswa, pengurus OSIS, serta guru.”

Pemateri webinar jurnalistik yakni jurnalis media online Purworejonews Yudia Setiandini, serta dua siswi SMAN 7 yang menjadi penulis cerpen dan novel. Keduanya yakni Zackinah RRW dan Belva Alfakihah.

Selain melalui google meet, para siswa juga menyaksikan seminar itu melalui kanal YouTube dan streaming.

Agus merinci, semua lomba memiliki tema masing-masing. Untuk lomba fotografi, ujarnya, temanya Rumahku Karyaku. Lomba artikel ada tiga tema, yaitu Kita Muda Kita Kuat, Kepedulian Pemuda di Era Pandemi, dan Peran Pemuda dalam Meningkatkan Moral Bangsa.

Saat membuka acara webinar jurnalistik, Kepala SMAN 7 Purworejo Niken Wahyuni, M.Pd berpesan agar materi seminar yang diberikan dapat bermanfaat bagi siswa. Menurutnya, berita dapat mempengaruhi pikiran pembaca. 

Hal itu, katanya, dapat dimanfaatkan untuk menarik minat orang lain terhadap kegiatan kita. Niken juga berharap agar setelah mengikuti seminar, dapat terbentuk tim yang solid untuk memajukan SMAN 7 dalam hal pemberitaan. 

“Saya berharap nantinya akan muncul jurnalis-jurnalis handal dari SMAN 7 yang betul-betul memiliki minat di bidang jurnalistik,” ucap Niken.

Hingga berita ini diturunkan, proses penjurian terhadap karya-karya lomba yang masuk sedang dilakukan. Nantinya sekolah akan memberikan apresiasi berupa piagam dan piala bagi para pemenang lomba. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *