Waspadai Masuknya Kasus PMK, Polres Purworejo Kawal Pengecekan Hewan Ternak

PURWOREJO, Meski sampai saat ini belum ditemukannya kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi di Kabupaten Purworejo, pengecekan kesehatan hewan ternak tetap rutin dilakukan.

Tak hanya dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Polres Purworejo pun turut mengawal jalannya pengecekan yang dilakukan oleh petugas.

Seperti yang dilakukan pada Sabtu (14/5) siang. Wakapolres Purworejo Kompol Aldino Agung Anggoro, SE, SIK bersama petugas dari dinas terkait melaksanakan asistensi kesehatan hewan ternak sapi di Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag.

Wakapolres didampingi Kasat Bimmas dan Kapolsek Grabag bersama Drh M. Fauziyah Rahayu bertemu langsung dengan pemilik kandang ternak sapi H Rohmadi di desa tersebut.

Petugas memeriksa mulut sapi milik warga

Kegiatan pengecekan kesehatan terhadap hewan ternak sapi oleh petugas di kandang tersebut tidak ditemukan gejala PMK. Selain itu petugas juga memberikan himbauan kepada peternak untuk selalu waspada.

“Segera laporkan ke instansi terkait bila ada gejala PMK pada hewan ternak. Hal itu agar tidak menerima hewan dengan gejala PMK ke kandang. Juga terus memantau kesehatan hewan dengan menjaga kebersihan kandang serta tidak mencampur hewan yang sedang sakit ke kandang pembesaran,” himbau Fauziyah.

Wakapolres pun menegaskan pihaknya sudah memerintahkan para kapolsek agar menggandeng instansi terkait untuk melaksanakan pengecekan kesehatan hewan ternak khususnya sapi.

“Pengecekan dilakukan baik langsung di kandang maupun di pasar hewan di wilayah Kabupaten Purworejo. Hak itu karena di daerah lainnya sudah masuk hewan ternak dengan gejala PMK tersebut,” ucap wakapolres.

Hal itu, tegasnya, jangan sampai mempengaruhi harga jual hewan ternak terutama mendekati Idul Adha sehingga akan menimbulkan gejolak di masyarakat. (Dia)

Tinggalkan Komentar