Wabup Yuli Hastuti Buka TMMD Sengkuyung III di Kalijering

PURWOREJO, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti, SH membuka kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Kabupaten Purworejo Tahun 2021, di Ruang Bagelen, Rabu (15/9). TMMD dilaksanakan di Desa Kalijering, Kecamatan Pituruh.

Acara itu juga dihadiri Kasiter Korem 072/Pamungkas Letkol Inf Gempar Sebayang, Dandim 0708 Letkol Inf Lukman Hakim, S.Sos, M.Si, Asisten I Sekda Drs Bambang Susilo.

Wabup mengatakan, kegiatan TMMD yang rutin dilaksanakan setiap tahun, telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat serta sejalan dengan upaya percepatan dan pemerataan pembangunan. 

Disamping itu, program TMMD merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan program-program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Wabup menandatangani berita acara

“Meskipun masih menghadapi pandemi Covid-19, namun program TMMD tetap kita laksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Semua ini kita lakukan karena program TMMD terbukti sangat membantu mendorong kemajuan di desa,” ungkap Wabup. 

Dikatakan, sasaran yang dipilih pada TMMD, merupakan skala prioritas dan telah melalui kajian-kajian sehingga berpadu dengan program pemerintah daerah, dan diharapkan menjadi rencana program pembangunan daerah. 

Bahkan pada TMMD yang telah berjalan, tidak hanya sasaran fisik saja yang diberikan, tetapi juga sasaran nonfisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan narkoba, kamtibmas, dan materi-materi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Selanjutnya di harapkan kepada masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi TMMD agar berpartisipasi secara aktif dan mendukung sepenuhnya selama pelaksanaan TMMD. Sehingga tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal, serta hasilnya dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan kita bersama.

Wabup memberikan arahan dalam pembukaan

“Sedangkan kepada instansi yang memiliki keterkaitan program dengan TMMD, saya minta untuk dapat melaksanakan kegiatan secara sinergis dan terpadu. Sehingga hasil dari kegiatan ini nantinya dapat benar-benar maksimal, dalam kerangka mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat”, ungkapnya.

Sementara itu Letkol Inf Lukman Hakim menegaskan bahwa TMMD yang merupakan bagian dari komitmen TNI Angkatan Darat (AD) untuk membangun bangsa dan negara secara berkesinambungan harus terus dilanjutkan. 

Dalam Kegiatan TMMD, Strategi Pemberdayaan Masyarakat harus tercermin, tujuan dan sasarannya harus dipahami, dan manfaatnya harus dirasakan oleh masyarakat untuk memperkuat dan mengembangkan potensi masyarakat. 

“Pada TMMD di Desa Kalijering ini kita akan membangun jalan rabat beton dengan panjang 1.084 meter dan lebar 2,1 meter. Saya mohon doa dan dukungan dari semua komponen, agar kita bisa melaksanakan kegiatan dengan lancar sehingga akan membawa kemanfaatan yang nyata bagi masyarakat Desa Kalijering khususnya,” harapnya. (Nas)

 143 kali dilihat,  17 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *