Wabup Serahkan Penghargaan kepada 12 Pemenang Lomba Litbang

PURWOREJO, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Purworejo memberikan penghargaan kepada 12 pemenang lomba penelitian dan pengembangan tahun 2022. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SH, di halaman Gedung Ganeca Convention Hall, Rabu (23/11).

Ke-12 pemenang lomba litbang dibagi dalam tiga kategori yaitu Lomba Litbang KUKM, Litbang Aspek Sosial, dan Litbang Pertanian, Perkebunan, dan Pangan.

Pemenang kategori Litbang KUKM adalah tim peniliti dari STIE Rajawali, Universitas Muhammadiyah Purworejo, STIE Rajawali, dan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kategori Lutbang Aspek Sosial yaitu Universitas Widya Darma Klaten, Desa Keduren, Universitas Widya Dharma Klaten, dan Universitas Respati Yogyakarta.

Wabup menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Krenova

Kategori Litabang Pertanian, Perkebunan, dan Pangan pemenangnya yaitu Universitas Muhammadiyah Purworejo, Universitas Muhammadiyah Purworejo, STIE Rajawali, dan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Hadir dalam acara tersebut Plt Bappeda Provinsi Jawa Tengah Ir Agung Tejo Prabowo MM, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Forkopimda atau yang mewakili, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala Bapedda se-Jawa Tengah, Pimpinan Perguruan Tinggi, Dewan Riset Daerah serta Forkopimcam Purworejo.

Wabup menegaskan bahwa maju mundurnya suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusia, sebagai pelaku dan penggerak utama roda pembangunan.

Wabup juga menyerahkan bantuan sarana prasarana kepada UMKM

“Di era globalisasi saat ini, pembangunan perlu lebih mengedepankan aspek pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta inovasi sebagai faktor pembentuk daya saing”, katanya.

Dikatakan, pertumbuhan pembangunan perlu digerakkan oleh strategi yang tidak saja semakin efisien, namun mengedepankan inovasi.

“Kabupaten Purworejo memiliki sumberdaya alam yang sangat potensial, baik yang ada di dataran tinggi, dataran rendah maupun wilayah perairan. Potensi-potensi tersebut harus dapat dimanfaatkan secara optimal, salah satunya dengan mengembangkan kreativitas dan inovasi masyarakat,” tandas Wabup. 

Terlebih dengan adanya proyek strategis nasional yang bersinggungan bahkan berada di wilayah Kabupaten Purworejo, yakni Bandara YIA, Badan Otorita Borobudur, Bendung Bener dan Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta,” katanya. (Nas)

Tinggalkan Komentar