Wabup Purworejo dan Bupati Kebumen Tandatangani Kesepakatan Bersama

KEBUMEN, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, SH dan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, SH menandatangani Kesepakatan Bersama tentang Kerjasama Wajib Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah. Penandatanganan dilakukan usai Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke-393 di Alun-alun Prembun, Minggu (21/8).

Wabup Yuli Hastuti menjelaskan, kesepakatan bersama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pihak sesuai kewenangan penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah antara kedua Kabupaten.

Adapun tujuan yang ingin dicapai diantaranya untuk mewujudkan keserasian dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah dan memanfaatkan dan memelihara sumber daya daerah secara optimal.

Bupati Kebumen dan Wabup Purworejo

“Selain itu untuk mengantisipasi dan memecahkan permasalahan daerah secara terpadu dan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Wabup.

Menurut Wabup, kerjasama yang dilakukan tentunya tetap memperhatikan prinsip sinergi, saling menguntungkan, persamaan kedudukan, itikad baik, transparasi dan kepastian hukum kedua pihak.

“Objek Kesepakatan Bersama ini meliputi urusan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Ruang lingkup Kesepakatan Bersama ini meliputi bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pendidikan, Kesehatan hingga bidang lain yang merupakan urusan Pemerintahan di daerah,” terang Wabup. (Nas)

Tinggalkan Komentar