Wabup Ajak Wujudkan Purworejo Ramah Lansia

PURWOREJO, Pemkab Purworejo bersama para lansia memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 Tahun 2022, di Pendopo Kabupaten Purworejo, Kamis (30/6). Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti, SH, Kepala Dinas Kesehatan dr Sudarmi, MM, Ketua Darma Wanita Dra Erna Setyowati, dan unsur terkait lainnya.

Wabup mengatakan, salah satu indikator keberhasilan pembangunan kesehatan adalah  meningkatnya Usia Harapan Hidup masyarakat. Hal ini berdampak pada peningkatan jumlah penduduk usia lanjut di masa mendatang.

Dikatakan, data BPS menunjukkan proyeksi jumlah penduduk lansia di Indonesia tahun 2021 sebanyak 29,3 juta jiwa dan akan meningkat menjadi 48.2 juta jiwa pada tahun 2045. Sehingga membuat piramida penduduk semakin menunjukkan struktur populasi yang menua.

Wabup mengajak stakeholder terkait bersama-sama membangun infrastruktur sebagai salah satu bentuk penghormatan terhadap lansia, untuk mewujudkan Kabupaten Purworejo ramah bagi lansia.

Potong tumpeng Hari Lanjut Usia Nasional

“Antara lain trotoar yang lebar bagi pejalan kaki, toilet dengan railing atau pegangan, lantai yang tidak licin, dan transportasi yang memudahkan bagi lansia,” tandasnya.

Selain itu juga memastikan program jaminan sosial PKH dan BPNT untuk lansia, jaminan pensiun, dan jaminan kesehatan bagi lansia.

Sementara itu Sudarmi menjelaskan, berdasarkan data Riskesdas tahun 2018 penyakit yang dialami lansia terbanyak adalah penyakit yang tidak menular diantaranya, hipertensi, penyakit sendi, masalah mulut, penyakit jantung, stroke dan penyakit menular ISPA, diare, pneumonia.

“Oleh karna itu, Kemenkes bersama stakeholder terkait mendukung penyelesaian masalah kesehatan lansia dengan melalui Gerakan Hari Kesehatan Lanjut Usia Nasional, yang bertujuan untuk memberikan support kepada lansia serta meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada lansia,” jelasnya. (Nas)

Tinggalkan Komentar