Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Akan Mulai Dilakukan April 2021

PURWOREJO, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dr Sudarmi, MM mengungkapkan, pihaknya telah siap melaksanakan program vaksinasi di Kabupaten Purworejo. Saat ini masih menunggu vaksin dan logistik yang diperlukan. Tahap awal yang divaksin SDM kesehatan, disusul pelayan publik dari unsur TNI/Polri dan ASN.

“Bagi masyarakat umum, sesuai roadmap dari pemerintah, akan dilakukan vaksinasi pada bulan April 2021 hingga Maret 2022,” katanya dalam acara Critical Voice Point bertema Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Purworejo tahun 2021, di Command Center Pemda Purworejo, Senin (18/1).

Menurut dr Sudarmi, jumlah SDM kesehatan baik tenaga kesehatan (nakes) maupun non nakes di Kabupaten Purworejo sebanyak 3.823 orang. Minimal 70 % diantaranya akan menerima vaksinasi.

Sudarmi menegaskan, Purworejo akan menerima vaksin pada bulan Februari untuk nakes, namun tidak semua tetapi bertahap. Terkait keamanan vaksin, Sudarmi menekankan, pada dasarnya vaksinasi Covid-19 telah dinyatakan aman. 

Efek samping vaksin, kata Sudarmi, ada dua, yakni efek samping lokal dan efek samping sistemik. Efek samping lokal berupa tanda bekas merah dan pusing. Hal itu wajar dialami saat menerima vaksinasi. Adapun efek samping sistemik, yakni tidak enak badan, nyeri otot dan demam sedikit namun dapat segera pulih.

“Masyarakat yang akan divaksin akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS dari Peduli Covid. Setelah mendapatkan SMS,  lalu dilakukan verifikasi registrasi ulang. Hal ini untuk memastikan domisili,  waktu, dan tempat pelaksanaan, termasuk kesehatan atau self skrining,” jelas dr Sudarmi. (Dia)

 668 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *