Vaksin Sinovac Tiba Lebih Cepat, Besok 2.500 SDM Kesehatan Mulai Divaksin

PURWOREJO, Sebanyak 5.000 dosis vaksin Sinovac untuk Kabupaten Purworejo tahap pertama tiba hari Minggu (24/1). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Purworejo dr Sudarmi, MM menerima secara simbolis ribuan vaksin yang tersimpan dalam kemasan karton besar.

Dr Sudarmi menjelaskan, “Vaksin yang tiba di gudang farmasi Dinkes itu langsung didistribusikan ke puskemas dan rumah sakit di Purworejo.”

Kedatangan 5.000 vaksin itu, lanjutnya, lebih cepat dari jadwal semula untuk kabupaten di luar tiga kabupaten /kota di Jawa Tengah yang sudah lebih dulu menerima.

Semula, lanjut dr Sudarmi, jadwalnya adalah bulan Februari. “Alhamdulillah, ternyata hari ini sudah datang,” ucapnya.

Vaksin sinovac disimpan di gudang farmasi Dinkes

Meski begitu, ia mengakui, baru sekitar 80% SDM Kesehatan (SDMK) Purworejo yang bisa divaksin atau sebanyak 2.500 orang dari total 3.352 orang.

“Khusus vaksin Sinovac ini satu orang harus disuntikkan dua kali dengan jarak 14 hari dari waktu suntik pertama. Untuk amannya, kami berikan sebanyak 80% dari jumlah total SDMK yakni sebanyak 5.000 orang dulu. Lainnya menunggu tahap berikutnya yang kami harapkan sudah tiba sebelum waktu 14 hari ke depan,” jelas dr Sudarmi.

Disebutkan, mulai besok (Senin), proses vaksinasi sudah dilakukan di Purworejo. “Prioritas SDMK yakni mereka yang tidak memiliki komorbid, tidak sedang hamil, dan yang belum pernah terinfeksi Covid-19 dan berusia antara 28 hingga 59 tahun,” ucapnya. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *