Upacara dan Ziarah ke TMP Warnai Peringatan HGN/HUT ke-75 PGRI

PURWOREJO, Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN)/HUT ke-75 PGRI tahun 2020 hari ini, Rabu (25/21), di Kabupaten Purworejo berlangsung sederhana namun khidmat. Semula upacara akan digelar di halaman kantor Setda. Namun karena hujan, acara yang dimulai pukul 07.35 itu dialihkan ke lobi kantor Bupati.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Purworejo Sukmo Widi Harwanto, SH, MM menjadi inspektur upacara dengan peserta sekitar 50 orang. Mereka berasal dari perwakilan pengurus cabang dan pengurus kabupaten PGRI, serta kepala bidang dan kepala seksi di jajaran Dindikpora Kabupaten Purworejo.

Sebelum dimulai, peserta upacara terlebih dahulu mendengarkan pidato sambutan pengurus pusat PGRI yang dibacakan oleh petugas. Sedangkan upacara berlangsung hingga pukul 08.35.

Berhubung hujan, pengibaran bendera dilakukan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan hormat bendera merah putih. Mars Guru, Hymne Guru, dan Mars Korpri yang rencana semula dinyanyikan oleh paduan suara, diganti dengan mendengarkan ketiga lagu itu melalui saluran audio.

Petugas sedang membacakan sambutan Pengurus Pusat PGRI

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang sambutannya dibacakan oleh Kadindikpora antara lain menyebut, dampak pandemi mengakibatkan lebih dari 90% populasi siswa harus belajar di rumah. Selain itu, jutaan pendidik dituntut untuk dapat memberikan metode pembelajaran dari rumah kepada siswa untuk memutus mata rantai pandemi.

Meski demikian Mendikbud mengatakan, pandemi telah memberikan hikmah, diantaranya orang tua berperan aktif dalam pendidikan putra putri mereka. Guru pun kreatif menyelenggarakan webinar untuk menambah wawasan.

Pemerintah, menurut Mendikbud, tidak tinggal diam, antara lain dengan memberi bantuan kuota untuk guru dan siswa, serta memberikan fleksibilitas penggunaan dana BOS. Disamping memberikan
subsidi upah untuk guru dan honorer non PNS.

Usai upacara bendera, pengurus PGRI Kabupaten Purworejo dipimpin Ketua PGRI Kabupaten Purworejo Irianto Gunawan, S.Pd, M.Pd melakukan ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Projo Handokoloyo.

Ketua PGRI Irianto Gunawan menabur bunga di TMP

Di sana, Kadindikpora kembali menjadi inspektur upacara dalam seremoni peletakan karangan bunga serta tabur bunga. Rangkaian karangan bunga yang diletakkan di sana, merurut Iriyanto, sebagai simbol penghormatan guru kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Seluruh guru yang mengikuti acara di TMP juga melakukan tabur bunga ke seluruh makam pahlawan yang berada di sana. Selain di TMP, menurut Irianto, juga dilakukan ziarah ke lima makam tokoh PGRI Kabupaten Purworejo. Mereka adalah alm Iskandar (TPU Kemanukan), alm Sarno (TPU Plaosan), alm Parsidi (TPU Pangen), alm Sugito (TPU
Kutoarjo), dan alm Anjar Sukiran (TPU Sibak).

Irianto berharap, melalui peringatan HUT ke-75 PGRI, para guru dapat bekerja dengan profesional dan mendapatkan apresiasi dari pemerintah sebagai upaya menjadikan bangsa yang adil dan sejahtera. (Dia)

 138 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *