UM Purworejo Prihatin Penggunaan Narkoba Marak di Kalangan Milenial

PURWOREJO, Sebagai barang haram yang masih banyak dicari oleh penggunanya, narkoba ternyata membawa banyak dampak negatif dari berbagai sisi. Dari sisi kesehatan, narkoba menyebabkan gangguan pada sistem syaraf, jantung, pembuluh darah, dan paru-paru.

Bagi wanita, penggunaan narkoba juga berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi. Belum lagi risiko tertular HIV bagi mereka yang suka bergantian jarum suntik.

Selain itu dampak sosial yang ditimbulkan juga tak kalah mengenaskan. Antara lain keluarganya dikucilkan. Akibatnya, keluarga tidak hanya malu, tetapi juga menjadi beban keuangan bagi mereka.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kasat Resnarkoba Polres Purworejo Iptu Setio Raharjo, SH, MH saat menjadi salah satu nara sumber dalam web seminar atau seminar daring (webinar) yang diadakan Universitas Muhammadiyah (UM) Purworejo, Jumat ( 9/4). Seminar diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 2 secara daring.

Agus Budi Santoso (kiri) bersama dua narasumber

Selain Setio Raharjo, dalam seminar bertema Generasi Millenial Berkarya Tanpa Narkoba itu ada narasumber lain yakni Kodrat, SH dari Kesbangpol Purworejo. Ia bertutur tentang jenis-jenis narkoba yang banyak dikonsumsi oleh remaja.

Ketua panitia webinar Agus Budi Santoso, SH, M.Hum mengatakan, webinar tentang narkoba diadakan sebagai bentuk keprihatinan UM Purworejo terhadap maraknya penggunaan narkoba di kalangan generasi milenial.

Menurut Agus pada era globalisasi saat ini, banyak tantangan dan ancaman yang dihadapi oleh generasi muda salah satunya adalah narkoba. “Narkoba merupakan ancaman besar bagi generasi muda. Jadi mereka perlu dibekali pengetahuan agar tidak terjerumus menjadi budak narkoba,” ucapnya.

Agus berharap kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa agar terhindar dari narkoba. “Apalagi mahasiswa memegang peran yang sangat penting sebagai agen perubahan bangsa, oleh karena itulah membentengi diri mahasiswa dari narkoba adalah hal penting untuk dilakukan,” tandasnya. (Dia)

Tinggalkan Komentar