Uji Coba PTM, SMAN 1 Satu-Satunya Sekolah di Indonesia yang Miliki GeNose untuk Deteksi Covid-19

PURWOREJO, Uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang dijadwalkan berjalan selama dua minggu mulai diterapkan hari ini, Senin (5/4). SMAN 1 Purworejo sebagai salah satu pilot project bahkan sudah mendeteksi Covid-19 pada calon siswa yang akan mengikuti uji coba PTM dengan menggunakan GeNose.

Kepala SMAN 1 Purworejo Nur Aziz, S.Pd, M.Pd.B.I menjelaskan, SMAN 1 Purworejo merupakan satu-satunya sekolah di Indonesia yang memiliki mesin GeNose.

“Ini sebagai salah satu bentuk apresiasi kami terhadap karya anak bangsa. Selain juga sebagai bentuk peduli terhadap kesehatan warga sekolah di masa pandemi ini,” ucap Nur Aziz saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/3).

Siswa SMAN 1 Purworejo hari ini mulai belajar tatap muka

Dijelaskannya, ada 90 siswa kelas X dari peminatan IPA 1 sampai IPA 5 yang hari ini mengikuti uji coba PTM. “Mereka sebelumnya sudah mengikuti tes menggunakan GeNose pada hari Sabtu lalu,” ungkap Nur Aziz.

Setelah dinyatakan sehat atau hasilnya negatif Covid-19, mereka diperbolehkan mengikuti PTM hari ini, bertepatan dengan
pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS). Adapun siswa lain mengikuti PTS secara daring.

Prokes ketat pun dilaksanakan selama PTM berlangsung. Di hari pertama pelaksanaan PTM di SMAN 1, guru berjajar menyambut siswa di gerbang sekolah. Para siswa selain wajib memakai masker juga wajib mencuci tangan dan menjaga jarak.

Nur Azis menambahkan, proses belajar mengajar di sekolah dilakukan hanya tiga jam, yakni mulai pukul 07.30 hingga 10.30.

Nur Aziz, S.Pd, M.Pd.BI

Adapun untuk guru, kehadirannya pun hanya 50% dari jumlah keseluruhan yakni 69 orang. Sedang karyawan termasuk TU semuanya bekerja seperti jam biasanya. “Semua sudah kami tes dengan GeNose,” tegas Nur Azis.

Dirinya berharap, PTM yang dilaksanakan mulai tanggal 5 hingga 16 April berjalan aman dan lancar sehingga dapat dilanjutkan dan tidak dipending lagi seperti waktu sebelumnya.

“Selain SMAN 1, ada empat sekolah lain yang ditunjuk uji coba PTM di Purworejo. Yakni SMKN 1, MAN, M.Ts N, dan SMPN 1. “Kami nanti menunggu hasil evaluasi dari dinas provinsi serta berkoordinasi bersama puskemas setempat,” tandas Nur Azis. (Dia)

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *