Tumbuhkan Disiplin Siswa, SMPN 26 Purworejo Adakan Penguatan Karakter Selama 3 Hari

BANYUURIP Belum lama menjabat sebagai kepala SMPN 26 Purworejo, Dr Nikmatur Rohmah langsung membuat gebrakan untuk menumbuhkan karakter mental siswa di sekolah yang terletak di Desa Popongan Kecamatan Banyuurip tersebut. Sebagai langkah awal, Nikmah mewajibkan kelas 9 sejumlah 207 siswa mengikuti kegiatan bertajuk penguatan karakter era milenial dengan bahagia.

Kegiatan diadakan selama tiga hari mulai Jumat hingga Minggu (16-18/9), yakni siswa menginap di sekolah dengan pengawasan guru. Bahkan kepala sekolah pun ikut menginap di sekolah selama dua malam untuk memastikan kegiatan berjalan sesuai rencana dan target.

Kepada Purworejo News Nikmah menjelaskan, kegiatan yang digelar seusai siswa mengikuti kegiatan PTS itu bertujuan untuk menumbuhkan disiplin serta membentuk karakter siswa yang berwawasan kebangsaan serta menjunjung tinggi etika.

Nikmah mengakui, lokasi sekolah yang berada di pinggiran kota kadang membuat siswa kurang disiplin dan menjunjung etika. “Untuk mengasah hal tersebut, selama tiga hari siswa kami beri materi tentang PBB, wawasan kebangsaan, wide game, serta kedisiplinan,” ucap Nikmah.

Nikmatur Rohmah, tanamkan karakter disiplin di SMPN 26

Mereka dibimbing oleh instruktur yang berpengalaman serta sebagian besar materi berupa praktek di lapangan. Output yang diharapkan, lanjut Nikmah, para siswa akan terbiasa dengan pola hidup yang disiplin, termasuk beribadah serta saat di sekolah.

Tidak kalah penting, lanjutnya, adalah menumbuhkan karakter siswa serta meningkatkan etika baik dengan teman maupun guru di sekolah.

Sebagai langkah awal, lanjut Nikmah, memang sasarannya adalah kelas 9. Selanjutnya yakni minggu depan giliran kelas 8 dan berikutnya kelas 7. Dengan demikian Nikmah berharap sebanyak 584 siswa SMPN 26 dapat memiliki mental dan sikap yang lebih baik dari sebelumnya.

Nikmah optimistis, dengan pembinaan mental disiplin yang simultan, para siswa akan terbiasa dengan pola tersebut. Hal itu menurutnya, akan berpengaruh terhadap banyak hal, baik di dalam lingkungan keluarga maupun pergaulan.

“Saya yakin anak-anak akan dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ini akan kami kawal setiap hari selama mereka berada di lingkungan sekolah. Saya dan semua guru di sekolah ini siap mengawal siswa menjadi lebih berdispilin dan berkarakter,” tegas Nikmah yang sebelumnya menjabat sebagai kepala SMPN 33 dan sukses menata sekolah tersebut. (Dia)

One comment

  1. Baguslah… SMP manapun sebaiknya diarahkan seperti itu.
    Tuk melatih disiplin , etika ( yg akhir2 tahun ini anak sekolah SMP sudah kurang etukanya dibanding jaman2 dulu.
    Yg penting semangat

Tinggalkan Komentar