TP PKK Langkat Belajar Administrasi PKK dan Dawis di Desa Munggangsari

GRABAG, TP PKK Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan dalam rangka study banding di PKK Kabupaten Purworejo. Kunjungan Tim study banding yang terdiri 13 orang itu, langsung diterima Ketua TP PKK Kabupaten Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE, Wakil Ketua Dra Erna Setyowati Said Romadhon, Kadinpermasdes Agus Ari Setyadi, S.Sos, dan sejumlah pengurus PKK kabupaten. 

Rombongan dari Langkat mengunjungi Desa Munggangsari, Kecamatan Grabag, dengan agenda melihat pengadministrasian PKK Desa hingga Dasa Wisma, serta mengunjungi produk unggulan Munggangsari yakni wisata kebun jambu kristal serta swalayan daendels. 

Turut mendampingi Camat Grabag Ahmad Zainudin, SIP, Kades Munggangsari Pujiyanto, Ketua TP PKK Kecamatan Dra Dede Yeni Iswantini, MM, Ketua PKK Desa Munggangsari. 

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Langkat Nilawati Abdul Karim mengatakan, tujuan melakukan study banding untuk belajar administrasi PKK terkait sekretaris, bendahara, per Pokja di tingkat desa dan dawis. Karena di Langkat belum pernah juara dalam administrasi. 

Selain itu juga untuk melihat produk unggulan desa. Apalagi di Purworejo ini diprogramkan satu desa satu produk unggulan. “Kami ingin bertukar informasi terkait PKK,” ujarnya.   

Fatimah Verena Prihastyari mengaku bangga PKK Purworejo dikunjungi daerah lain sebagai salah satu referensi untuk study dalam hal tertib administrasi PKK. Dengan kunjungan ini berarti Purworejo mulai dilirik daerah lain. 

Disamping study PKK juga sekaligus mengarahkan untuk mengunjungi wisata terutama di daerah selatan antara wisata pantai dan berbagai kebun buah yang menarik.  
Kunjungan Tim study banding ini, lanjut Fatimah, supaya dijadikan sebagai semangat untuk terus meningkatkan ketertiban administrasi dan kreatifitas kegiatan, yang bertujuan untuk kesejahteraan keluarga. 

“Saya berharap PKK sinergi dengan OPD, termasuk Tagline Tresno Purworejo Larisi Purworejo, kita juga ikut mendukung untuk membeli dan menggunakan produk lokal seperti beras dan produk UMKM. Harapanya daerah lain juga tertarik untuk membeli produk-produk Purworejo,” harap Fatimah.

Kepala Desa Munggangsari, Pujiyanto mengatakan, kunjungan ini merupakan kesempatan untuk mengenalkan produk unggulan desa Munggansari yakni jambu kristal, termasuk olahan jambu kristal berupa grubi jambu dan manisan jambu. Juga wisata kebun jambu kristal yang bisa langsung petik.

“Yang sudah djalankan berawal semangat kebersamaan dan pendekatan dengan semua masyarakat antara kami Bumdes, PKK, dan warga masyarakat. Termasuk dibangunnya rest area digunakan untuk swalayan Daendels yang menjual produk-produk unggulan desa-desa se Kecamatan Grabag. Kunjungan ini semoga bisa membawa kesan menyenangkan sehingga akan kembali mengunjungi,” jelasnya. (Nas)

Tinggalkan Komentar