Tingkatkan Kapasitas, 40 Anggota Forum UMKM Kemiri Dilatih Manajemen Keuangan

PURWOREJO, Pentingnya memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha menjadi topik bahasan dalam Pelatihan Manajemen Keuangan yang diikuti oleh 40 anggota Forum UMKM Kemiri Bangkit (Kembang). Pelatihan diadakan Sabtu (27/3) di Pendopo Kecamatan Kemiri.

Selain topik tersebut, peserta juga mendapatkan materi tentang konsep dasar keuangan bagi pelaku usaha. Antara lain cara menghitung aset, omset usaha, menghitung harga pokok produksi, penentuan laba dan harga jual.

Pendamping UMKM Siswandi selain mengapresiasi acara tersebut, juga menyampaikan hasil rapat terkait BPUM bagi pelaku UMKM Tahun 2021. “BPUM kali ini sebesar Rp 1,2 juta,” ujarnya.

Disebutkan, pengusul bisa melampirkan FC KTP, Nomor Induk Berusaha (NIB) dan yang pasti tidak memiliki Pinjaman KUR sebagai salah satu syarat usulan BPUM Tahun 2021,” ucapnya. Pengusulan dilakukan melalui desa.

Adapun ketua forum UMKM Kemiri Aheng berharap, pelatihan itu dapat meningkatkan kapasitas bagi pelaku UMKM di Kecamatan Kemiri serta meningkatkan solidaritas kelompok. (Dia)

Tinggalkan Komentar