Tinggi, Animo Pendaftar SMP dari Luar Daerah

PURWOREJO, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Kabupaten Purworejo telah berakhir hari Kamis lalu. Selama empat hari pelaksanaan pendaftaran PPDB, di Kabupaten Purworejo tercatat ada 152 siswa yang berasal dari luar daerah. Mereka terlebih dahulu harus mendaftarkan ke Dinas Dikbud untuk mendapatkan akses akun PPDB SMP di Purworejo.

Dari 152 orang tersebut, beberapa diantaranya bahkan berasal dari luar Jawa yakni Kalimantan Timur. Data yang disampaikan Kabid Pendidikan SMP Dikbud Purworejo Frikly Widhi Dewanto melalui stafnya Wawan, menyebutkan, mereka yang berasal dari Kalimantan Timur karena KK-nya masih tercatat di Purworejo.

“Tapi yang paling banyak berasal dari wilayah perbatasan seperti Margoyoso dan Kulonprogo,” kata Wawan kepada Purworejo News, Senin (26/6).

Ditambahkannya, walaupun berada dari wilayah lain, mereka lebih memilih mendaftar ke Purworejo dengan alasan secara geografis lebih dekat. Seperti yang berada di perbatasan Margoyoso, mereka lebih memilih SMP yang ada di Kecamatan Bener daripada harus ke Magelang.

Meski begitu, Widhi “Dodik” Dewanto mengaku, hingga pendaftaran usai, masih ada empat SMP di Purworejo yang kekurangan murid. Yakni SMPN 26, 37, 42, dan 43. (Dia)

Tinggalkan Komentar