Terapkan P5, Siswa SMP Muhammadiyah Purworejo Belajar Bikin Tas Eco Print

PURWOREJO, Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tahap dua berupa program Gaya Hidup Berkelanjutan kembali digekar di SMP Muhammadiyah Purworejo. Setelah sebelumnya membuat jam dinding, hari ini Rabu (25/1) siswa kelas 7 kembali membuat hasil karya kreatif berupa tas kain berbahan baku eco print.

Ratusan anak yang terbagi dalam beberapa kelompok itu pun tampak antusias membuat tas kain yang difasilitasi pihak sekolah. Adapun siswa hanya membawa daun, tawas, palu dan ember.

Koordinator umum Yudi Prastomo, S.Pd kepada Purworejo News mengatakan, setelah melakukan beberapa langkah yang diberikan dari guru pembimbing yakni Ivan Virgiawan, S.Pd para siswa mendapatkan hasil sesuai dengan yang mereka harapkan.

Yudi menjelaskan, kegiatan proyek gaya hidup berkelanjutan merupakan proyek kedua. “Pada proyek sebelumnya siswa membuat pakaian dari bahan limbah kertas plastik,” ungkap Yudi.

Siswa SMP Muhammadiyah belajar bikin tas eco print

“Ada tiga proyek yang kami ambil, yakni suara demokrasi, gaya hidup berkelanjutan, dan kewirausahaan,” jelas Yudi. Pada proyek kewirausahan, lanjutnya, para siswa akan melakukan pameran hasil karya produksi mereka termasuk jam dinding dan tas eco print yang dibuat hari ini.

“Rencana kita akan buat stan-stan pameran yang melibatkan semua warga sekolah, termasuk wali murid agar bisa melihat dan syukur bisa membeli hasil karya putra-putri mereka,” kata Yudi.

Ditambahkannya, selama seminggu kelas 7 di SMP Muhammadiyah yakni sebanyak 128 siswa dari empat kelas menerapkan program Kurikulum Merdeka dengan diampu lima guru.

Selama seminggu pula jam belajar mereka berkurang, dari semula pulang pada pukul 12.30 menjadi pukul 11.00. Hal itu bertujuan agar memberikan waktu yang cukup bagi siswa untuk bersosialisasi dengan lingkungannya.

Tinggalkan Komentar