Telan Dana Rp 35 Miliar, Purworejo Bakal Punya Terminal Tipe A di Depan Mako Polres

PURWOREJO, Tahun 2023 mendatang, Purworejo akan memiliki terminal tipe A yang menempati area seluas 11.890 m2.  Berlokasi di depan Mako Polres Purworejo, Kelurahan Kledungkradenan, Kecamatan Banyuurip, terminal tersebut akan menelan anggaran dari pemerintah pusat sebesar Rp 35 miliar.   Peletakan batu pertama pembangunan terminal tipe A dilakukan  Bupati Purworejo  Agus Bastian Senin  (19/09).

Terminal tipe A berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar propinsi (AKAP), angkutan lintas batas antar negara, angkutan antar kota dalam propinasi (AKDP), angkutan kota (AK) serta angkutan pedesaan (ades).

Anggota Komisi V DPR RI Sudjadi, Kepala Sub Direktorat Terminal Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Ahmadi ZB, Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jateng dan DIY Eko Agus Susanto, Ketua DPRD Dion Agasi Setyabudi, Sekda Said Romadhon, dan Kepala Dishub Hery Rahardjo hadir dalam acara tersebut, termasuk unsur forkopimda.

Disebutkan oleh Sudjadi, terminal tersebut sebenarnya direncanakan selesai pada tahun 2024. Namun dirinya menekankan dan meminta terminal tersebut dapat selesai tahun 2023. “Supaya perekonomian meningkat dan kesejahteraan dirasakan seluruh lapisan masyarakat,” tegasnya.

Bupati, terima kasih kepada Kemenhub

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Dion Agasi. Ia berharap terminal akan menjadi pusat keramaian dan pertumbuhan ekonomi. Dion pun mengisahkan bahwa perjalanan sampai pada groundbreaking ini cukup panjang, bahkan harus bolak-balik ke Kementerian Perhubungan.

Adapun Kepala  BPTD Wilayah X Eko Agus Susanto menjelaskan, pembangunan terminal tipe A akan dilaksanakan dengan sistem padat karya. Tujuannya adalah untuk memulihkan dan percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Agus Bastian mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Kementerian Perhubungan yang telah merealisasikan dimulainya pembangunan terminal tipe A ini. Menurut bupati, keberadaannya pasti akan sangat bermanfaat bagi warga Kabupaten Purworejo khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

“Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang berada di jalur lalu lintas utama Jawa bagian selatan. Lokasi yang strategis ditambah dinamika pembangunan wilayah antara lain adanya Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), KSPN Borobudur dan Bendungan Bener, tentu memerlukan sarana prasarana pendukung yang memadai termasuk di bidang transportasi darat,” pungkasnya. (Dia)

Tinggalkan Komentar