Tangis Haru Warnai Perpisahan Satgas Yonif 412 Purworejo di Lany Jaya Papua

PURWOREJO, Setelah satu tahun melaksanakan tugas operasi di daerah Pegunungan Tengah Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Satgas Yonif Mekanis Raider 412 akan kembali ke Purworejo. Mereka berangkat pada bulan Juni 2021 dan saat ini mereka sudah diganti dengan satgas lain.

“Saat ini kami sudah di Timika dan tinggal menunggu jadwal kapal sehingga kami belum tahu tanggal pasti kami pulang,” ucap Dan Yonif 412 Mayor Inf Mochammad Renaldy Herbowo, S. Sos., M.Si saat dihubungi Purworejo News, Sabtu (2/7).

Dirinya pun bersyukur, seluruh personel berangkat dan kembali dengan jumlah lengkap.  Dari video yang dikirimkan kepada media, tampak suasana haru saat mereka berpamitan kepada masyarakat di Lany Jaya.

Personel 412 saat berpamitan dengan masyarakat Lany Jaya Papua

Pria, wanita, hingga anak-anak banyak yang menangis seperti enggan ditinggal oleh para personel yang selama ini sudah dianggap seperti keluarga. Mereka dianggap memberi banyak hal kepada mereka.

Selain mengemban misi keamanan negara, para personel Yonif 412 juga mengemban misi kemanusiaan di daerah pedalaman Papua melalui program pendidikan, kesehatan, serta ekonomi rakyat.

Diantaranya mengajarkan baca tulis dan berhitung kepada anak-anak, serta pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga yang sakit dan membutuhkan penanganan medis.

Renaldy pun bersyukur tugas yang diemban dapat bermanfaat bagi masyarakat serta keamanan yang terkendali selama mereka bertugas. (Dia)

Tinggalkan Komentar