Tampung 10 Mobil dan 350 Motor, Dinparbud Bangun 2 Tempat Parkir di Gua Seplawan

KALIGESING, Meski pandemi, obyek wisata (obwis) di Purworejo terus berbenah. Salah satunya yakni obwis Gua Seplawan yang terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing. Kali ini pembenahan yang dilakukan berupa pembangunan lokasi parkir kendaraan baik motor maupun mobil.

Berada di perbukitan, memang bukan hal yang mudah untuk membangun area parkir yang memadai. Dengan dana yang berasal dari DAK senilai Rp 1,5 miliar, Pemda Purworejo melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengalokasikan dua tempat parkir yakni untuk parkir mobil dan motor.

Dijelaskan oleh Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dikparbud Kabupaten Purworejo, Andang Nugerahantara Sutrisno, S.STP, M.Si, lokasi parkir untuk mobil seluas 800 m2 berada di bagian atas lokasi obwis, tepatnya di lokasi ringin kembar.

Gambar rencana tempat parkir Gua Seplawan

“Area parkir itu dapat menampung delapan hingga 10 mobil termasuk bus wisata. Sedangkan untuk area parkir motor berada di bawahnya, seluas 2.500 m2 yang dapat digunakan untuk menampung sekitar 350 motor,” jelas Andang, Kamis (12/8).

Dikerjakan oleh kontraktor dan pengawas lokal yakni CV Baris Jaya dan CV Graha Cipta Wiratama, proyek senilai Rp 1,6 miliar itu rencananya akan diselesaikan dalam waktu 120 hari kalender kerja. “Kalau tidak ada halangan tanggal 3 November sudah selesai dikerjakan,” ucap Andang.

Dirinya mengatakan, saat ini pengerjaan sudah sampai pada tahap pemasangan pondasi batu belah dan finishing plesteran. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *