Tahun 2022, Pemkab Purworejo Gelontorkan Puluhan Miliar Rupiah untuk Peningkatan Jalan

PURWOREJO, Tahun 2022 ini Pemkab Purworejo melanjutkan pembangunan infrastruktur jalan di sejumlah titik. Pembangunan yang menelan dana puluhan miliar rupiah itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas luas ruas jalan kabupaten. Adapun sumber dananya berasal dari APBN (DAK), APBD Provinsi (Banprov) dan APBD Kabupaten.

Untuk proyek yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus, lima dari enam paket pekerjaan peningkatan jalan kabupaten tahun 2022 telah selesai tender. Satu paket lagi mengalami tender ulang dan saat ini dalam masa evaluasi.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Purworejo Suranto, S.Sos, MPA melalui Plt Kabid Bina Marga Prono Sumbogo, ST menjelaskan, kelima paket pekerjaan yang segera dilaksakan yaitu peningkatan kapasitas struktur jalan Bruno-Girijoyo (Rp 5,916 M), pemeliharaan berkala jalan Gintungan-Gebang (Rp 4,074 M).

Prono Sumbogo

Lalu paket pekerjaan peningkatan kapasitas jalan Diponegoro di Nampurejo, Kecamatan Purwodadi (Rp 6,363 M), peningkatan jalan Bubutan-Watukuro (Rp 7,741 M), dan peningkatan jalan Karangreji-Tridadi (Rp 2,969 M).

“Sedangkan yang retender yaitu paket peningkatan jalan Klepu-Pituruh dengan pagu anggaran Rp 7,707 miliar. Diharapkan awal Juli sudah selesai kontrak,” jelas Prono.

Dijelaskan, selain proyek DAK, tahun ini pihaknya juga telah melelang tujuh paket pekerjaan peningkatan jalan yang dibiayai dana Banprov 2022. Ketujuh proyek tersebut kini dalam masa evaluasi dan diharapkan awal Juli sudah dapat dikerjakan.

Rapat persiapan pelaksanaan proyek di Desa Karangrejo

Ketujuh proyek tersebut yakni peningkatan jalan Bagelen-Soko lanjutan Rp 4 M, ruas jalan Tridadi-Somowono, ruas jalan Ganggeng-Brenggong, ruas jalan Pituruh-Kesawen-Megulung Rp 2 M, ruas jalan Cangkrep-Kemanukan Rp 6 M, ruas jalan Ngemplak-Tlogosono Rp 3,5 M dan ruas jalan Kaliboto-Guntur Rp 5,4 M.

Sementara itu untuk paket pekerjaan yang didanai APBD kabupaten, Prono menyebut sedikitnya ada tujuh proyek peningkatan jalan dan jembatan yang akan digarap sepanjang tahun 2022.

Ketujuh proyek tersebut meliputi peningkatan ruas Jalan Diponegoro Rp 4 M, ruas jalan Ganggeng-Brenggong Rp 3,2 M, ruas jalan Jenar-Angkruk Ketip Rp 3,7 M, penggantian jembatan Kesawen Rp 1,2 M, pemeliharaan trotoar kota Purworejo Rp 669 juta, talud bronjong pengaman jalan Guntur-Ngasinan Rp 561 juta dan talud bronjong pengaman jalan Banyuasin-Pagerharjo Rp 400 juta. (Nas)

Tinggalkan Komentar