Tahun 2020 RS Tipe C Beroperasi, Butuh 300 Karyawan

PURWOREJO, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kelas C di kawasan Borokulon yang pembangunan gedungnya kini masih dalam tahap penyelesaian, diproyeksikan mulai beroperasi pada 2020.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, Dr Sudarmi, MM selaku Ketua Tim Internal Persiapan Operasional RSUD Kelas C didampingi Sekretaris Dinkes, Ekaningtyas D, S.Kep.Ns, MM di ruang kerjanya, Selasa (2/7).

Menurut Sudarmi, saat ini tengah dilakukan sejumlah persiapan dengan membentuk Tim Persiapan Rencana Operasional dengan melibatkan beberapa OPD.

“Masalah gedung, itu kewenangan Dinas PUPR, sumber daya manusia urusan BKD dan terkait perijinan kewenangan Dinas Perijinan. Kewenangan kami hanya di bidang penyediaan alat kesehatan dan operasional,” kata Sudarmi.

Disebutkan, untuk pengadaan alat kesehatan senilai Rp 60 miliar nantinya tidak akan dilelang tapi lewat e-katalog. Hal itu sesuai dengan Permenkes No 56 tentang persyaratan pendirian rumah sakit kelas C.

Lanjut Sudarmi, agar segala pengadaan baik alat kesehatan, karyawan maupun perijinan sesuai dan tidak menyimpang dari Permenkes No 56 maka masing-masing OPD di bawah koordinator Dinas Kesehatan. Untuk tenaga kesehatan dan karyawan nantinya yang dibutuhkan sekitar 300 orang.

Dikatakan, sesuai instruksi bupati maka nantinya RSUD Kelas C memiliki keunggulan pada penanganan mata dan saraf (stroke).

“Harapannya dengan dioperasikan RSUD Kelas C derajat kesehatan masyarakat Purworejo semakin baik, ” tandas Sudarmi. (W5)

Tinggalkan Komentar