Sudah Saatnya Koperasi Manfaatkan Teknologi Digital dan Aplikasi Retail Online

PURWOREJO, Koperasi didorong untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis. Insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya.
“Maka sudah saatnya koperasi memanfaatkan teknologi digital, aplikasi retail on-line dan pengembangan aplikasi bisnis lainnya,” tandas Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Purworejo, Sumharjono, S.Sos, MM selaku inspektur upacara, yang membacakan amanat Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah (Koperasi dan UKM), pada upacara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 di Halaman Setda, Rabu (17/7).

Untuk itu diharapkan gerakan koperasi dapat merangkul generasi millenial, yang saat ini jumlah mereka telah mencapai sepertiga dari total penduduk Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini digitalisasi dan Artificial Intelligence (Al) mewarnai kehidupan industri yang merembet pada perilaku keseharian masyarakat.Tentu koperasi harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal yang didasari oleh tekad untuk siap berubah dalam menyikapi tantangan kekinian.

“Pada rehabilitasi telah dilakukan penguatan sistem database koperasi, sehingga koperasi yang terdata hanya yang benar-benar sehat saja,” tandasnya.

Sementara itu ketua panitia, Nurhadi Tri Onggo, SH, MAP melaporkan peringatan Hari Koperasi antara lain dimeriahkan jalan sehat yang dirangkai dengan donor darah di depan pendopo kabupaten Purworejo. Dilanjutkan resepsi di Gasebo Alun-alun Purworejo dan pentas kesenian.

Terpisah, Ketua Dekopinda Kabupaten Purworejo, Imam Abu Yusuf mengatakan, jumlah koperasi di Kabupaten Purworejo sebanyak 173 unit. Diharapkan koperasi jadi lembaga yang modern yang mau bersaing, dengan melibatkan generasi milenial.
“Kita sangat bangga Koperasi Kabupaten Purworejo mendapatkan penghargaan dari Kementerian Koperasi UKM berupa Bhakti Koperasi dan UKM yang telah diterima Pak Bupati. Juga penghargaan Koperasi berprestasi yang diberikan kepada Koperasi Pondok Pesantren Nurul Wahid Bayan,” ujar Imam.
Widodo Soliku menambahkan terkait jalan sehat akan melibatkan masyarakat umum, anggota koperasi, OPD juga karyawan karyawati dinas instansi, Kodim, dan Polres. Targetnya sekitar 6.000 peserta. Rute yang dilalui seputaran kota Purworejo sekitar 5 kilometer. (A)

Tinggalkan Komentar