Kades Sidomulyo Relakan Lahan Desa untuk Makam Jenazah Terpapar Covid-19

PURWOREJO, Ironi penolakan pemakaman jenazah tenaga medis yang meninggal akibat Covid 19 oleh warga di Ungaran yang sempat viral beberapa waktu lalu, menggugah hati Setiyono Hadi, Kepala Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo, untuk menyediakan lahan desa seluas tiga hektare untuk pemakaman jenazah korban Covid 19.

Usai berita viral tersebut, esok harinya Hadi langsung mengumpulkan perangkat desa, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), serta perwakilan tokoh masyarakat untuk menyampaikan keinginannya itu. Tak dinyana, usulan kepala desa berpenduduk 4.121 orang terdiri atas 21 RT dan 10 RW itu langsung diterima secara aklamasi oleh warga desa.

Tak tanggung-tanggung. Hadi juga berujar bahwa lahan tersebut disediakan bagi siapapun warga negara Indonesia yang jenazahnya ditolak untuk dimakamkan di lokasi asalnya karena menjadi korban keganasan Covid 19. “Ini semata-mata kami lakukan sebagai bentuk kemanusiaan tanpa ada pamrih apapun,” katanya.

Senada dengan Hadi, Ketua BPD Teguh Prayitno mengungkapkan, masyarakat sangat antusias ketika Kades menyampaikan ide tersebut. Hal ini karena warga yang sebagian besar berprofesi sebagai petani yang mengolah lahan kebun sendiri itu sudah mendapatkan sosialisasi dan edukasi dari bidan desa Asrining Wihastuti bahwa jazad jenazah korban Covid tidak akan menularkan virusnya karena inangnya sudah mati.

Di lokasi yang masih berupa lahan subur itulah nantinya akan dimakamkan jenazah positif covid, selain juga dua lahan lain yang disediakan Pemda Purworejo yakni di Kelurahan Keseneng seluas tiga hektar dan Gunung Tugel, Kutoarjo seluas dua hektar.

Menurut Hadi, selain menyediakan lahan, pihaknya juga menyediakan tenaga penggali makam bila dibutuhkan.

“Semuanya kami lakukan dengan ikhlas dan kami dapat menginspirasi daerah lain untuk memberlakukan jenazah korban covid dengan baik” ujar Hadi.

Ia berharap agar tidak akan terjadi lagi penolakan jenazah korban Covid seperti yang terjadi di Banyumas dan Ungaran. “Kalau masih kembali terjadi, silakan dimakamkan di sini, akan kami terima dengan ikhlas,” tandas Hadi. (Dia)

Tinggalkan Balasan