Sosialisasi Program KB Digelar di Pasar Monggo Mampir Sumbersari

BANYUURIP, Dinas Sosial Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsosdukkbppa) Kabupaten Purworejo kembali menggelar kegiatan Gerebeg Pasar (Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Pas Sasaran).

Kegiatan dipusatkan di Pasar Monggo Mampir Desa Sumbersari Kecamatan Banyuurip, Minggu (31/3). Kegiatan diisi dengan sosialisasi program Keluarga Berencana kepada para pengunjung dan pedagang pasar Monggo Mampir.

Kepala DinsosdukKbpppa Kabupaten Purworejo dr Kuswantoro, M.Kes mengatakan, KB merupakan program pemerintah yang harus dilaksanakan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

“KB tidak saja mengurusi alat kontrasepsi, tapi juga melalui Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Pas Sasaran (Gerebeg Pasar) di pasar-pasar tradisional, pasar modern dan pasar pasar kreatif. Pasar dapat menjadi sasaran menyampaikan KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) Program KKBPK,”tandasnya.

Dingkapkan, beberapa tahun ke depan Indonesia akan mengalami bonus demografi dimana komposisi usia produktif lebih tinggi dibanding dengan kelompok usia yang tidak produktif. Tahun 2017 penduduk Purworejo sebanyak 712.686 jiwa yang usia produkti 15 s/d 60 tahun sebanyak 462.475 jiwa atau 64,89 % dan sisanya usia tidak produktif 35,10 % .

“Kondisi tersebut akan menjadi bencana jika kualitas hidup manusia rendah, dan ini merupakan hal yang harus mendapatkan perhatian bersama,”ucap Kuswantoro.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan dialog dan pemberian cinderamata kepada para pedagang Pasar Monggo Mampir. (W5)

Tinggalkan Komentar