Songsong 1 Abad NU, Dema Institut Agama Islam An-Nawawi Gelar “Ngaji Aswaja”

PURWOREJO, Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam An-Nawawi Purworejo menyelenggarakan acara bertajuk Ngaji Aswaja dalam rangka menyambut Harlah NU 1 Abad, di Gedung Serbaguna NU, Gebang, Kamis (19/1/23).

Acara tersebut digagas oleh sahabat/i pengurus Dema, mengangkat tema Menjelang Satu Abad NU, Mendigdayakan Nahdlatul Ulama, Menjemput Abad Ke-2, Menuju Kebangkitan Baru.

Adapun tiga narasumber yang dihadirkan yaitu M Kartika Zuhala, S.Sos.I (pendiri LSM Qiblat STAIAN Purworejo), Halim Hasanudin, SH (Mabinkom PMII AN-Nawawi) dan Saiful Anwar, S.Sy (anggota DPRD Kabupaten Kebumen).

M Kartika Zuhala, S.sos.I. dalam paparannya menegaskan, beban moral bagi mahasiswa akan semakin bertambah karena kampus sudah beralih menjadi Institut. Tentu untuk menjawab tantangan tersebut juga ditunjang dengan kompetensi diri, soft skill, pengetahuan dll. Hal itu bisa dilatih lewat jalan organisasi yang ada di kampus.

“Hal ini merupakan bentuk tanggung jawab kepada masyarakat karena ada gelar sarjana yang dimilikinya,” tandasnya.

Narasumber saat menyampaikan paparan

Halim Hasanudin, SH menyampaikan, sebagai mahasiswa sekaligus santri harus mampu menjadi penggerak dan penggendali ahlussunah wal jamaah dan memberikan warna di setiap lini manapun.

“Hal ini merupakan tugas santri sekaligus mahasiswa di atas pundaknya,” kata Halim.

Adapun Saiful Anwar, S.Sy menyampaikan bahwa lewat organisasi PMII dirinya dapat berkarir di dunia politik meski berlatar belakang santri. Hal itu karena organisasi dan pondok pesantren merupakan lahan untuk belajar.

“Jadi santri yang sekaligus menjadi mahasiswa berproseslah di organisasi, karena nantinya akan membentuk karakter kalian semua,”tandasnya.

Sementara itu, Wakil Dewan Eksekutif Mahasiswa, Anisatun Rahmawati, menyampaikan bahwa acara Ngaji Aswaja sangat berguna bagi warga NU. Diharapkan dapat membangun karakter warga NU yang masih muda-muda dan juga dapat menyikapi zaman dengan sebaik-baiknya. (M/Saiful)

Tinggalkan Komentar