Soeharto AH, Mantan Bupati Purworejo Sekaligus Pencipta Lagu Keroncong Tutup Usia

PURWOREJO, Bupati ke -14 Kabupaten Purworejo Drs Soeharto Alberts Haries meninggal dunia dalam usia 90 tahun pada hari Sabtu (14/5). Bupati Purworejo periode tahun 1967 hingga 1975 itu meninggal karena sakit di Bekasi, Jawa Barat. Adapun jenazah dimakamkan di Pemakaman Kayu Lawang, Mranti pada Minggu (15/5) siang.

Soeharto AH menjadi Bupati Purworejo menggantikan bupati sebelumnya yakni Slamet Soetohardjono (1960-1966). Adapun pengganti Soeharto yakni H Soepantho (1975-1985).

Soeharto yang mulai menjabat Bupati Purworejo sejak usia 35 tahun itu dikenal sebagai pencipta lagu keroncong.

Almarhum Soeharto AH dan istri

Menurut penuturan mantan Sekda Purworejo Ir Akhmad Fauzi yang dikenal dekat dengan almarhum, semasa hidup Soeharto AH telah menciptakan sebanyak 89 lagu.

“Kepada saya, beliau pernah menyampaikan keinginannya untuk bisa mencipta sampai 90 lagu. Tapi cita-cita itu tidak kesampaian karena beliau wafat pada usia 90 tahun kurang dua bulan,” kata Fauzi dalam catatan yang diunggah di akun facebooknya-nya hari ini.

Fauzi yang ayahnya merupakan pegawai negeri saat Soeharto menjabat bupati menambahkan, almarhum merupakan ahli pemerintahan yang handal.

Jenazah almarhum Soeharto AH disemayamkan di rumah duka Kampung Guron

“Selama sekolah dan menjadi pegawai negeri, dalam setiap pendidikan dan pelatihan yang diikuti, beliau selalu menjadi peserta terbaik,” imbuh Fauzi.

Setelah tidak menjabat sebagai bupati, Soeharto memilih berkarir di Jakarta hingga akhir hayatnya. Jabatan terakhirnya yakni sebagai pemeriksa pada Inspektorat Jendral Kemendagri.

Disebutkan Fauzi, meski Soeharto banyak menulis tentang manajemen pemerintahan, tapi buku yang paling mengesankan adalah tulisan dan koleksi lagu-lagu keroncong.
Bahkan buku tersebut diborong dan menjadi koleksi Library of Congress USA di Amerika.

Rumah almarhum yang kini ditempati istri dan anak-anaknya di Kampung Guron no 55 Kelurahan Sindurjan Purworejo masih berdiri kokoh dan menjadi saksi kepemimpinan Soeharto saat memimpin Purworejo kala itu. (Dia)

Tinggalkan Komentar