SMP Negeri 3 Purworejo Sukses Gelar PPDB

KUTOARJO, SMPN 3 Purworejo telah sukses menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dimulai Senin hingga Kamis (20-23/6). PPDB dilakukan melalui dua cara yaitu online dan offline. Meski begitu, calon siswa wajib datang ke sekolah. 

“Bagi yang mendaftar offline, diperlukan data-data untuk mengisi formulir PPDB. Sedangkan yang sudah mendaftar online, diperlukan pemeriksaan kelengkapan berkas atau dokumen serta verifikasi dari sekolah,” jelas Ika Febriyanti, A.Md, panitia PPDB SMPN 3 Purworejo, Kamis (23/6).

Dijelaskan, hingga hari terakhir tercatat sebanyak 289 calon siswa terdaftar di jurnal PPDB SMPN 3 Purworejo. SMPN 3 hanya menyediakan kuota siswa yang diterima sebanyak 224 anak untuk tujuh kelas masing-masing 32 siswa. 

Kuota 224 siswa tersebut terdiri atas zonasi 113 siswa, afirmasi 34 siswa, prestasi 67 siswa, serta perpindahan orang tua 10 siswa.  Hingga kini semua jalur pendaftaran telah terisi sesuai formasi.

Para pendaftar menunggu giliran dengan tertib

Pengamatan Purworejo News, jalur prestasi yang merupakan jalur pendaftaran bagi siswa yang memiliki nilai rapor semester satu hingga lima yang tinggi serta tambahan jika memiliki nilai dari piagam kejuaraan, memunculkan persaingan yang cukup ketat antar calon siswa. Dari jalur prestasi tersebut didapatkan skor nilai tertinggi 772,496 dan nilai terendah 409,076.

Pada hari pertama, sejak pendaftaran dibuka pada pukul 08.00, pendaftar membludak hingga tutup pukul 12.00 WIB. Mereka mengantre dengan tertib menunggu giliran untuk pengecekan berkas atau dokumen serta verifikasi. Sedangkan hari-hari berikutnya jumlah pendaftar berkurang.

Seorang pendaftar yang mengaku kakak dari calon siswa mengungkapkan, adiknya yang lulusan dari SDN 2 Kutoarjo memilih sendiri untuk mendaftar di SMPN 3 Purworejo. Alasannya, sekolah di SMPN 3 merupakan impian dan keinginannya sejak lama.

Proses pemeriksaan berkas calon siswa

Ia pun berharap, SMPN 3 selalu bisa meningkatkan kualitas akademik maupun non-akademiknya sehingga dapat membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas pula. 

Begitu pula dengan Rini yang menaruh harapan besar dengan mendaftarkan putranya ke SMPN 3 agar dapat bisa termotivasi dengan lingkungan belajar yang kreatif, kompetitif, dan berilmu sehingga bisa bersaing dalam meraih prestasi. 

Ika Febriyanti mengatakan calon siswa dapat terus mengawasi dan memantau posisi aman nama sendiri melalui website jurnal PPDB Kabupaten Purworejo. 

“Banyaknya pendaftar di SMPN 3 Purworejo menjadi salah satu bukti bahwa SMPN 3 Purworejo dipercaya sebagai penghasil siswa yang berkualitas dan berprestasi,” jelasnya bangga. (Dian Kalila Sumbogo, Hilmiy Azka Bilqis)

Tinggalkan Komentar