Siswa SMKN 4 Dipertemukan dengan Perusahaan-perusahan Jepang

PURWOREJO, Sebagai salah satu upaya pihak sekolah untuk menjamin siswa lulusanya dapat terserap di dunia kerja, SMK Negeri 4 Purworejo melaksanakan sosialisasi dan rekrutmen tenaga kerja di berbagai bidang dengan mengundang perusahan baik dalam dan luar negeri.

Kegiatan berlangsung di aula sekolah setempat mulai tanggal 21-25 Januari 2018. Kegiatan diikuti 210 siswa kelas XII.

Dalam kegiatan tersebut hadir perusahaan Jepang Tee Kay Coorp melalui perwakilan di Indonesia, PT. SEII yang memberangkatkan siswa magang di Jepang, LPK Yazui yang juga memberangkatkan siswa magang di Jepang untuk pekerjaan darat, dan PT. Indocrew untuk penempatan kapal pesiar di luar negeri.

Kepala SMK Negeri 4 Purworejo Wahyono, S.Pd, M.Pd melalui Edi Mardiyanto selaku Humas mengatakan, seleksi magang ke Jepang melalui PT. SEII sebanyak 76 siswa bidang keahlian NKPI, TKI, dan API yang langsung diseleksi oleh Mr. Eiji Hatabu dari PT. Tee Kay Coorp dan Arif Yulianto dari PT.SEII.

“Proses seleksi meliputi chek fisik seperti tinggi, berat badan, mata dan lainnya. Sementara kemampuan fisik meliputi barbel dan splitjuump serta wawancara,” kata Edi Mardiyanto, Senin (28/1).

Dijelaskan, penempatan magang kerja melalui PT. SEII terdiri atas penangkapan ikan, budidaya ikan, dan pengolahan hasil perikanan. Dari 76 siswa yang mengikuti seleksi awal hanya 66 siswa yang lolos terdiri atas 48 sektor penangkapan ikan, 3 budidaya dan 15 di bidang pengolahan ikan. Untuk selanjutnya mereka akan mengikuti seleksi berikutnya di Tangerang.

“Bagi siswa yang tidak lolos seleksi karena terkendala usia yang belum genap 18 tahun dan faktor fisik yang tidak memenuhi persyaratan,” jelas Edi Mardiyanto.

Disebutkan, bagi siswa yang berhasil lolos seleksi di Tangerang akan mengikuti diklat bahasa Jepang sekitar 4 bulan dan medical chek up sebelum diberangkatkan ke Jepang. Untuk diberbagai sektor pekerjaan mereka akan digaji 80.000 Yuen/bulan atau sekitar Rp 12 juta / bulan oleh PT. Tee Kay Coorp dengan masa kontrak selama 3 tahun.

Sementara seleksi yang dilakukan oleh LPK Yazui dari Purbalingga diikuti 61 siswa bidang keahlian TKR dan TKPI. Dari jumlah tersebut 34 siswa dinyatakan lolos dan selanjutnya akan mengikuti pelatihan bahasa Jepang terlebih dulu di LPK Yazui selama 4 bulan.

Menurut Edi Mardiyanto, dalam kesempatan tersebut Kepala SMK Negeri 4 Wahyono, S.Pd, M.Pd mengingatkan kepada siswa kelas XII memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin.

“Pihak sekolah akan berupaya mencari lebih banyak perusahaan untuk menampung alumni SMK Negeri 4 Purworejo sehingga tidak ada alumni yang lulus menjadi pengangguran,” pungkas Edi Mardiyanto. (W5)

Tinggalkan Komentar