Siltap Cair Agustus, Pemkab Akan Awasi Kinerja Perangkat Desa

GRABAG, Wakil Bupati Purworejo (Wabup) Yuli Hastuti berencana melibatkan dinas terkait untuk memantau kinerja kepala desa dan perangkat desa dalam melakukan pelayanan pemerintahan desa. Hal itu terkait akan diberikannya penghasilan tetap (Siltap) sebesar Rp 2 juta perbulan bagi kepala desa dan perangkat desa. Siltap akan dicairkan sekitar bulan Agustus mendatang setelah penetapan APBD 2019 Perubahan.

“Siltap ini sebagai upaya pemerintah dalam mensejahterahkan aparat desa, sehingga harapannya aparat desa tidak hanya terpenuhi haknya, namun juga memenuhi pula kewajibannya sebagai pelayan masyarakat di desa. Maka Pemerintah Kabupaten Purworejo, berencana akan turun ke desa untuk melihat secara langsung,” jelas Yuli Hastuti dalam acara silaturahmi dan halal bihalal di Kecamatan Grabag, Jumat (20/6) lalu. Hal yang sama juga disampaikan Wabup di Kecamatan Bener.

Yuli Hastuti juga mengingatkan agar pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dibayarkan tepat waktu. Karena hasil dari pajak merupakan salah satu penopang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pemerintahan desa memiliki TP PKK desa yang merupakan mitra kerja pemerintahan desa. Terbukti pembayaran PBB disejumlah desa melalui tabungan PKK ditingkat dasa wisma, dapat terealisasi dengan baik.

“Untuk itu bisa memberdayakan TP PKK, yang tentu saja pemerintahan desa juga harus memperhatikan kesejahteraan PKK,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setiyadi menjelaskan, Siltap akan diberikan kepada setiap aparat pemerintahan desa yang totalnya di Kabupaten Purworejo mencapai 7.388 orang. Seperti yang tertera pada Peraturan Pemerintah No 11/2019, besaran Siltap minimal setara PNS Golongan IIa yakni masing-masing sekitar Rp 2 juta/bulan.
Sesuai peraturan, pemberian Siltap tidak didasarkan pada masa kerja dan jenjang pendidikan, melainkan berdasarkan jabatan aparat pemerintahan desa. Sedangkan ketua RT/RW yang berjumlah 5.128 orang se kabupaten juga akan menerima insentif yang besarannya masih dalam pembahasan.
Ketua Polosoro Kecamatan Grabag, Pujiyanto menyatakan sangat gembira dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Purworejo terkait Siltap yang akan diberikan pada Agustus atau September mendatang.
“Hanya saja jangan ada masalah dikemudian hari. Artinya sepanjang pencairan Siltap sesuai dengan regulasi yang ada tentu, kami sangat senang. Mungkin juga nantinya akan ada sosialisasi tentang Siltap, sehingga ada kejelasan tentang tata cara pencairan dan penerimaannya. Termasuk sosialisasi tentang pemberian insentif bagi Ketua RT dan Ketua RW,” ujarnya.

Hal sama juga diungkapkan Kades Ngasinan M Hamron Rosadi SPdI MPd, yang menyambut positif akan segera dicairkannya Siltap. Kesejahteraan berupa Siltap, akan menjadi pemacu semangat untuk meningkatkan kinerja aparat pemerintahan desa.

“Bahkan kami siap mensukseskan program yang tertuang dalam visi misi Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, untuk majunya Kabupaten Purworejo. Salah satunya seperti pembayaran pajak, desa kami selalu melunasi sebelum jatuh tempo. Terkait PKK, menjadi bagian penting sama perannya seperti Ketua RT dan RW, yang juga menjadi perhatian kami seperti yang diharapkan Ibu Wakil Bupati,” tuturnya. (A)

Tinggalkan Komentar