Setiap Kegiatan Pramuka Hendaknya Dipublikasikan

PURWOREJO, Kwarda Jawa Tengah Andalan Daerah Bidang Humas dan Informatika Sukma Wahyu Ardo mengatakan, publikasi menjadi salah satu upaya strategis bagaimana informasi bisa sampai ke masyarakat. Publikasi dibutuhkan dalam menyukseskan sebuah program kegiatan yang bersentuhan dengan kepentingan masyarakat. 

“Sebagus apapun sebuah program, tidak berarti jika tidak dipublikasikan,” ujar Ardo yang juga sebagai Tim Government Resources Management System (GRMS) di Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah, pada evaluasi dan penillaian kegiatan Kwarcab Purworejo, di Sanggar Pramuka, Selasa (5/6).  

Menurut Ardo, keterbukaan informasi di era digitalisasi semakin membuka laju informasi yang mudah diakses masyarakat. Senua itu harus didukung publikasi yang baik dan sumber yang jelas. 

“Setiap kegiatan (Pranuka), hendaknya diikuti publikasi melalui berbagai media informasi yang ada. Kegiatan tanpa publikasi, sangat disayangkan karena tidak diketahui masyarakat,” tandas Ardo.

Senentara itu Ketua Tim Penilai Agus Suwidianto yang membacakan sambutan Ketua Kwarda Jateng Siti Atiqoh Supriyanti Ganjar Pranowo  menyampaikan, penilaian Kwarcab bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kegiatan kwarcab-kwarcab yang ada di Jawa Tengah.  

Harapannya kegiatan Pamuka membuahkan hasil dalam rangka keikutsertaan kita membina dan menghantarkan generasi muda menjadi generasi yang mandiri dan berkarakter.  

Penilaian dilaksanakan dua tahun sekali, yang penilaian sekarang merupakan  aktivitas tahun 2020 dan 2021 pada tujuh bidang yaitu bidang binawasan, bidang bina muda, bidang bina satuan, bidang organisasi hukum, bidang humas, bidang kantibmas dan bidang keuangan sarana prasarana.

Sementara itu Pram Prasetyo dalam selayang pandang memaparkan kegiatan di tahun 2020 dan 2021 seperti monitoring di pos-pos terkait bencana, pos covid,  kegiatan api unggun, pelatihan, dll. 

Sedangkan perkemahan juga dilaksanakan pesta siaga, yakni sebanyak 32 tim terdiri dari 16 regu putra dan 16 regu putri. Sedangkan kegitan yang bekerjasama dengan pihak lain yaitu Universitas Muhammadiyah Purworejo dan radio irama FM. (Nas)

Tinggalkan Komentar