Setelah 2 Tahun Absen, Upacara Peringatan HUT RI di Alun-alun Digelar Lagi

PURWOREJO, Upacara bendera Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat kabupaten di Alun-alun Purworejo digelar lagi, setelah dua tahun berturut-turut ditiadakan karena pandemi covid-19. Selama dua tahun kegiatan serupa dilaksanakan secara sederhana di halaman Kantor Bupati.

Upacara bendera digelar di Alun-alun Purworejo, Rabu (17/8), dengan inspektur upacara Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM. Turut hadir Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti, SH, Jajaran Forkopimda, kepala Perangkat Daerah, pimpinan BUMN dan BUMD, serta para peserta upacara dari berbagai unsur.

Dalam sambutannya, Bupati Agus Bastian mengatakan kemerdekaan Republik Indonesia bukan diperoleh dari pemberian ataupun hadiah, tetapi kita rebut melalui perjuangan di semua medan. 

Menurutnya, perang rakyat, perang gerilya, dan diplomasi di semua lini dikerahkan, dan hasilnya membuat Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.

Agus Bastian

“Resesi dan krisis yang datang bertubi-tubi dalam perjalanan setelah Indonesia merdeka, juga berhasil kita lampaui,” tandaanya. 

Menurut bupati, setiap ujian memperkokoh fondasi sosial, fondasi politik, dan fondasi ekonomi bangsa Indonesia. Setiap etape memberikan pembelajaran dan sekaligus juga membawa perbaikan dalam kehidupan kita.

Bupati menegaskan, walaupun kita sangat berkonsentrasi dalam menangani permasalahan kesehatan, tetapi perhatian terhadap agenda-agenda besar tidak berkurang sedikit pun. Pengembangan sumberdaya manusia berkualitas tetap menjadi prioritas, sejalan dengan Visi Kabupaten Purworejo Berdaya Saing 2025.

Jajaran pimpinan daerah ikut hadir dalam upacara bendera HUT Ke-77 RI

“Kita harus pulih lebih cepat dari pandemi dan berbagai ujian yang akan kita hadapi, serta harus bangkit lebih kuat dalam menggapai cita-cita bangsa,” ujarnya.

Dalam konteks Kabupaten, kata Bupati, berbagai prestasi dan capaian yang telah berhasil diraih, selayaknya disyukuri. Kita tidak boleh terlena, karena masih banyak tugas yang harus dikerjakan. 

Seusai mengikuti upacara, Bupati didampingi Kalapas Purworejo Muhammad Mukaffi menyerahkan dua SK remisi 1 bulan sehingga warga binaan Lapas Purworejo tersebut otomatis bebas. 

Selain itu dan Forkopimda juga melepas burung ke alam bebas untuk menjaga keseimbangan alam dan merupakan simbol kemerdekaan. (**)

Tinggalkan Komentar