Seribu Personel Gabungan Diterjunkan untuk Amankan Pilkades Serentak di 343 Desa

PURWOREJO, Sebanyak 1.000 personel gabungan Pemda, Kodim dan Polres Purworejo siap mengamankan pelaksanaan Pilihan Kepala desa (Pilkades). Kesiapan itu diawali dengan kegiatan Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Purworejo tahun 2019.
Apel yang digagas Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran (satpol PP Damkar) Kabupaten Purworejo tersebut, berlangsung di depan gedung Setda Jalan Proklamasi Purworejo, Selasa (29/1). Hadir Forkopimda, Sekda Drs Said Romadhon, Kepala Satpol PP Damkar Budi Wibowo, S.Sos, M.Si, kepala OPD, camat.
Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong yang membacakan sambutan Bupati mengatakan, apel ini sangat positif sebagai salah satu wujud kesiapan dan antisipasi kita menghadapi pelaksanaan Pilkades serentak di 343 desa.
Seperti diketahui, pada 31 Januari besok akan dilaksanakan pemungutan suara Pilkades. Pilkades merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, dimana masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa.
Dikatakan, Pilkades memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi dan berpotensi menimbulkan konflik horizontal, karena masyarakat pemilih yang berbeda pilihan itu berdomisili di desa yang sama.
Oleh karena itu, warga desa harus diberikan pemahaman dan kesadaran, untuk bisa menghormati pilihan warga desa lainnya dan menerima hasil pilkades dengan legowo.
“Masyarakat harus diberikan pengertian agar tidak mudah terpengaruh oleh hasutan atau fitnah yang dapat menimbulkan keresahan. Kalah dan menang adalah hal biasa yang harus disikapi secara bijaksana,” paparnya.
Peserta apel diminta agar bersikap netral dalam melakukan pengamanan pilkades, sehingga seluruh masyarakat bisa merasa nyaman dalam memberikan suaranya. Apabila muncul persoalan di lapangan, agar segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang berwenang, agar persoalan bisa terselesaikan dengan baik.
Kasat Pol PP Damkar Budi Wibowo usai upacara menjelaskan, peserta apel sebanyak 1000 personil antara lain, TNI 100, Polri 400, Satpol 100, dan linmas 200. Tujuannya untuk mengetahui jumlah personil untuk kesiapansiagaan dalam pengamanan Pilkades serentak.
“Setelah pelaksanaan apel ini, masing-masing personel agar segera bergeser menempatkan diri di pos tugasnya masing-masing. Nantinya dalam bekerja akan dikoordinir oleh Polres. Petugas akan melaksanakan tugas nonstop melekat pada desa yang menggelar Pilkades,” jelas Budi Wibowo. (*)

Tinggalkan Komentar