Sempat Tertunda 2 Tahun, Penataan Alun-alun Kutoarjo Akhirnya Terwujud

KUTOARJO, Dalam jangka waktu dekat warga Kutoarjo akan memiliki ikon serta wahana berekreasi ringan, yakni dengan mulai ditatanya Alun-alun Kutoarjo. Pembangunannya pun sudah dimulai. Hal itu tampak dengan “dibungkus”-nya lokasi Alun-alun Kutoarjo mulai tanggal 27 Juli lalu.

Ditemui di ruang kerjanya, Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Andang Nugerahantara Sutrisno, STTP, M.Si pada Kamis (12/8) mengungkapkan, penataan Alun-alun Kutoarjo sebenarnya masuk dalam perencanaan Tahun 2019.

“Awal tahun 2020 seharusnya mulai dikerjakan. Tapi karena pandemi, baru bisa dilaksanakan sekarang,” kata Andang.

Andang Nugerahantara Sutrisno, MM

Ruang lingkup pekerjaan, lanjutnya, meliputi pedestrian, gerbang pojok barat dan timur yang akan menjadi ikon alun-alun, drainase dan sumur resapan, serta payung membran sebagai peneduh di ruang publik di sisi timur dan barat.

Alun-alun juga akan dilengkapi dengan toilet portabel. Selain itu dilakukan pula penataan vegetasi yakni dengan mengurangi pohon yang sudah tidak layak. Antara lain pohon trembesi di pinggir trotoar serta pohon dodotan pecut.

Dengan jangka waktu 150 hari kalender, maka pengerjaan revitalisasi Alun-alun Kutoarjo akan selesai pada tanggal 23 Desember. Adapun pelaksana proyek yang menelan biaya Rp 5,8 miliar itu yakni CV Budi Jaya Perkasa dari Imogiri Bantul.

Alun-alun Kutoarjo dibungkus terpal menandai mulai dilaksanakannya proyek penataan

Andang menjelaskan, setelah selesai dikerjakan, alun-alun akan langsung dapat difungsikan untuk masyarakat tanpa menunggu waktu jeda. “Untuk tambahan sarana prasarana seperti di Alun-alun Purworejo akan dilakukan setelahnya,” katanya.

Penataan alun-alun dilakukan untuk menambah daya tarik landmark Kutoarjo sehingga dapat mengurangi sentralisasi keramaian di kota Purworejo.

“Meski tidak sebesar Alun-alun Purworejo, diharapkan penataan Alun-alun Kutoarjo akan menjadi ikon kebangaan warga Purworejo serta dapat menjadi destinasi wisata keluarga,” pungkas Andang. (Dia)

 1,929 kali dilihat,  12 kali dilihat hari ini

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *